3 Tips Rencana Liburan dan Masa Depan yang Lebih Baik

KAMU tipe pejalan seperti apa, kawan? Serba spontan, atau semua harus terencana dari awal?

Kalau saya lebih senang menyusun rencana liburan dari awal (kalau bisa bahkan dilengkapi dengan plan B). Namun pada pelaksanaannya saya juga bisa fleksibel tergantung situasi dan kondisi. Apalagi saya penganut slow travel, yang lebih suka berlama-lama berada pada satu destinasi untuk mendapatkan experience lebih dalam.

Saya juga betah berlama-lama di acara blogger gathering bertema #RencanakanLebih Liburan dan Masa Depan yang diselenggarakan oleh AXA Financial Indonesia dan C Channel Indonesia yang mengambil tempat di Hong Kong Cafe, Jakarta, tanggal 1 September 2018 kemarin. Ada banyak wawasan baru (dan teman-teman baru) dari acara berfaedah semacam ini.

Acara dibuka dengan kata sambutan dari pihak penyelenggara yaitu mbak Yanti Parapat (Direktur AXA Financial Indonesia) dan mbak Dian Permatasari (CEO Representative C Channel Indonesia), sekaligus perkenalan dan pemberian penghargaan kepada para tamu pembicara.

rencana liburan

Tanpa banyak kata lagi mari langsung simak materi workshop kali ini.

Tips 1: Masa Depan di Tanganmu

“Beri karya terbaik, pastikan karya terjaga baik, cintai karya & diri sendiri”
Ahmad Ali, financial planner AXA Financial Indonesia

Intro mas Ahmad Ali dari AXA Financial Indonesia langsung bikin kami terkesima. Yakni mengenai perencanaan (keuangan) masa depan, salah satunya legacy. Inilah satu yang tak terpikir secara khusus oleh saya sebelumnya. Setiap travel blogger pasti menghasilkan karya, baik berupa tulisan atau foto (atau video). Sementara dalam hidup manusia itu sendiri pasti selalu melekat dengan risiko (meski besarannya tidak selalu sama). Beberapa risiko itu antara lain sakit, cacat tetap total, kecelakaan, hingga meninggal dunia.

Siapapun tentu ingin meninggalkan legacy yang dapat memberi manfaat pada orang banyak, khususnya bagi keluarga & orang dekat. Mewarisi kepastian kehidupan bagi keluarga yang ditinggalkan tentu satu hal yang mulia. Persiapan secara proteksi & finansial mutlak dibutuhkan oleh siapapun.

Berikut tips dari mas Ahmad mengenai perencanaan masa depan yang lebih baik. Perhatikan poin terakhir yang terlihat paling sederhana, namun kerap terabaikan (iya, saya curhat, hahaha!):
– Beri karya terbaik, karena ia takkan pudar & termakan waktu
– Pastikan karya terjaga baik, dan memberi yang terbaik pula untuk keluarga
– Ketika mencintai karya kita, pastikan pula tuk cintai diri sendiri

rencana masa depan

Tips 2: Travel with Awareness

“Pergi kemanapun tetap harus aware dengan keadaan sekitar”
Adam & Susan Poskitt, travel influencer of pergidulu.com

Kali ini pasutri Adam & Susan dari pergidulu.com memaparkan tentang mengatur rencana liburan dari sisi traveler. Sukses menjelajah 58 negara (and still counting) Adam & Susan berbagi tentang pentingnya perencanaan. Salah satunya ialah rajin maintain blog dan media sosial karena ia dapat dijadikan sumber pemasukan untuk biaya liburan. Satu tips lain adalah: rajin cari tiket murah. Dapat tiket pp ke Eropa cuma 5 juta Rupiah? Itu mungkin saja. Kamu juga bisa seperti mereka, salah satunya cari peruntungan lewat promosi tiket murah via website, atau berkunjung ke event khusus seperti Kompas Travel Fair misalnya.

“Kalau kamu mampu traveling, pasti kamu pun mampu punya travel insurance!” demikian Adam menambahkan. Berbagai kondisi asing di negeri asing membuat kita harus selalu awas dengan keadaan sekitar. Sekaligus: prepare for anything to happen. 

rencana liburan

Saya sendiri jadi ingat sewaktu memakai kaus putih dan mengikuti trek safari di India, lalu ditegur petugas jagawana. Katanya, kaus putih atau warna yang mencolok akan menarik perhatian satwa yang menguasai wilayah tsb karena dapat dianggap sebagai ancaman. “Kamu tahu gak seekor gajah dapat mengendap dan bersembunyi di balik pohon, sebelum ia menyergap dan membantingmu?”

Olala, untung perjalanan saya waktu itu sudah terlindungi asuransi. Setidaknya kalau sampai terjadi apa-apa (syukurlah tidak sampai kejadian dan jangan pernah!) saya tak perlu mengeluarkan biaya apapun lagi. Percayalah rasa aman dari perlindungan asuransi bakal bikin perjalanan kamu lebih nyaman!

rencana liburan
Nyengir lebar walau sempat deg-degan kuatir disergap predator. Untung sudah terlindungi asuransi dan doa ibu (dan pengawasan petugas jagawana).

Tips 3: Fotografi dengan Hati

“Fokus itu penting. Foto tak ada yang jelek karena tiap orang punya selera sendiri.”
Yuniadhi Agung, fotografer Harian Kompas

Mas Yuniadhi dari Harian Kompas memberi materi rencana liburan dari sisi fotografi. Sebelum bepergian, kita sebaiknya melakukan riset tentang destinasi yang akan dikunjungi. Bukan hanya obyek menarik, tapi juga sejarah, adat istiadat, dll, supaya kita bisa dapat gambaran secara menyeluruh seperti apa destinasi tsb, target eksplorasi, dll. Dan pada saat bepergian (on the trip) tentulah harus cermat mengamati keadaan. Momentum itu langka, camkan itu!

Berbagai klip foto yang dipertunjukkan mas Yuniadhi bikin saya makin terinspirasi. Dari semua kaidah ilmu fotografi, kebetulan saya punya atensi mendalam terhadap fotografi jurnalistik. Sederhana saja, karena ia merekam realita. Apa adanya. Yang bikin gemas adalah ia tak mungkin ditiru karena terkadang momentum tak datang dua kali.

Jika mas Yuniadhi bilang tak ada foto jelek maka kang Taufan (saya sendiri, ehem!) bilang tak ada orang jelek. Ya, tiap manusia punya sisi keunikan tersendiri. Makanya obyek foto favorit saya malah mbok-mbok di pasar atau nenek-nenek jemaat kuil/pura.

rencana liburan

rencana liburan
Kearifan lokal di simpang kota. Kepingin kayak foto mas Yuniadhi yang bermain bayang-bayang meski yang ini kurang kontras 😉

Seru-Seruan Lomba Foto Instagram

Blogger gathering ini juga dimeriahkan dengan lomba foto Instagram. Tantangannya ada dua, lomba foto individual dan lomba foto grup. Di sini kemampuan seorang blogger diuji. Ia harus bisa menyimak jalannya acara secara keseluruhan, sesekali ambil gambar, pilih-pilih foto lalu edit, memikirkan caption (lalu lupa hashtag, hingga harus buka catatan lagi), semuanya dilakukan dalam satu kesempatan dan waktu terbatas.

Saya ambil quote-quote menarik dari para pembicara yang bisa jadi pemicu saya (dan teman-teman) khususnya dalam membuat rencana liburan dan masa depan yang lebih baik. Senangnya ketika ternyata karya saya diapresiasi! Instagram post saya jadi salah satu yang mendapat penghargaan dalam kategori foto individual. Hatur nuhun, Gusti nu Agung!

Kategori lomba foto grup dimenangkan oleh kelompok lain, namun kami tetap bahagia karena acara ini berjalan lancar dan menyenangkan dan yang penting berfaedah. Oya, dan hidangan sajian Hong Kong Cafe juga bikin lidah bergoyang dan senyum terkembang (iya, saya lemah sama makanan enak, hahaha!).

A post shared by Taufan Gio (@disgiovery) on

Lebih Dekat dengan AXA Financial Indonesia

AXA Financial Indonesia merupakan bagian dari AXA Group, salah satu perusahaan asuransi dan manajemen aset terbesar di dunia. Bukan abal-abal ya, AXA Financial Indonesia sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). AXA Financial Indonesia menawarkan solusi perlindungan seperti asuransi jiwa (perlindungan atas risiko kematian) dan asuransi kesehatan (termasuk rawat jalan, rawat inap, cek laboratorium, dan tindakan bedah, termasuk pada saat kita bepergian).

Keuntungan berasuransi dengan AXA Financial Indonesia di antaranya adalah kemudahan akses informasi dan transaksi secara online melalui portal AXA Direct https://portal.axa.co.id/direct (terdapat pula layanan live chat) serta layanan Express claim  & WhatsApp claim. Jaringan luas tersebar di 52 kantor pemasaran seluruh Nusantara dengan 6.000 agen & tenaga pemasaran bersertifikat. Dan yang pasti adalah beragam produk asuransi yang dirancang sesuai kebutuhan pelanggan.

rencana liburan
Sekarang sudah tahu kan bakal bikin rencana liburan sama siapa 😉

Rencana Liburan Dimulai di Kompas Travel Fair 2018

Karena ada promo menarik dari AXA Financial Indonesia di acara Kompas Travel Fair di Jakarta Convention Center tanggal 7-9 Sep 2018 khususnya bagi yang sedang ingin rencana liburan. Siapapun yang membeli produk asuransi AXA Financial Indonesia sebesar Rp25 ribu maka secara otomatis berhak mendapatkan tiket Kompas Travel Fair 2018 GRATIS! Lekas beli produknya via tautan ini:

http://bit.ly/AXAxKTFBlogComp

Jadi gak perlu kuatir antre atau bakal kehabisan tiket. Rencanakan semuanya lebih baik, setuju?  See you there!

kompas travel fair

 

Disgiovery yours!

About the author

Travel Blogger
24 Responses
  1. pada dasarnya eiykeh setuju ketiga poin yg disebut di artikel kak. cuma utk yg poin #2 tuh klo pas main ke pantai selatan trus krn gak riset dulu sembarangan pake baju warna larangan di sana (ijo) trus kesambet Nyi Roro Kidul piye?

    1. Nah makanya perlu banyak cari info sebelum berangkat ke lokasi tujuan, hehehe. Termasuk hal-hal mistis 😉
      Ya sebenarnya selama kita bisa menjaga norma & tingkah laku menurutku aman2 saja kak.. secara aku kan anak pantai selatan..

  2. Fitri4mini

    Udah lama banget deh kak kita gak traveling bareng. Yuk kapan yuk jalan bareng lagi?! Next kemana? Sama siapa? Berbuat apa?
    Oiya, apakah ada asuransi perjalanan yang melindungi partner jalan juga? Kalo ada, lindungi aku, kak! Lindungi aku!

  3. aku baru tau loh kalo kaos warna putih itu warna yg mencolok. karena menurut aku yg mencolok itu ya merah, kuning, ijo yakaaaannn??? wuah kak ak jd nambah info kalo aja main ke satwa liar gtu apalagi asuransi yg hrs aku pakai yah.

    1. Nah aku kira putih warna netral kan, tapi ternyata terlihat mencolok di hutan sabana yang notabene didominasi warna cokelat hijau. Jadi sebaiknya pilih warna yang ala bunglon alias mendekati kondisi alam sekitar, ya gak sih..

      Sama-sama kak! Yuk daftar asuransi AXA sekalian main ke KTF, hehehe!

  4. Saya sempat dapat tawaran untuk datang ke acara bergengsi ini, tapi sayang belum dapat kesempatan buat bergabung. Untunglah, paparan lengkap dan kaya manfaat saya dapatkan dari ulasan Kak Gio. Serius, saya berasa ada di antara peserta event ini lho. Terima kasih, Kak Gio.

  5. Sebagai bread-winner belakangan kalau jalan-jalan aku sering pakai asuransi. Terutama untuk trip-trip yang agak berisiko.

    O iya, AXA ini punya asuransi yang bisa mengcover trekking trip termasuk medievac pakai helicopter gak? Kalau punya, bolehlah. Buat keperluan trekking trip ke Himalaya lagi nih.

    1. Waduh jalan-jalannya kelas berat!

      Sepertinya tergantung jenis asuransi yang dipilih sih, setahuku AXA ada cover asuransi untuk paragliders juga yg lebih berisiko. Atau lebih baik cari tau langsung ke website AXA Financial Indonesia aja gimana kak?

  6. Bisa dibilang asuransi ini super penting sih. Meskipun jalan-jalannya “cuma” ke Bandung, misalnya. Tapi kita nggak tau kan apa yang akan terjadi.
    Sampai sekarang ya masih meremehkan itu sih hahahaa.
    Kalo aku tipenya mirip kak Gio, plan dulu dari awal. Meski tanpa plan B.
    Mau ke kota A, nanti main ke sini, situ, dan sinu. Tapi apakah terjawab semua, ya itu fleksibel aja. Kalau ternyata lebih asik di satu tempat mungkin lebih lama di sana. Atau kalau ternyata di perjalanan ketemu tempat wisata yang lebih kece ya udah mampir. Hahaha

Leave a Reply