Terpana Kerala di Majalah Panorama

AKHIRNYA artikel tentang perjalanan saya ke Kerala, India, diterbitkan di majalah Panorama edisi Nov-Des 2014. Dengan tagline ‘Seeing The World Differently”, majalah Panorama ini menjadi salah satu media cetak terdepan di Indonesia untuk kategori travel & lifetsyle.

Artikel saya diberi judul ‘Terpana Kerala’, dimana saya menuliskan tentang betapa memesona Kerala dengan perairan backwater dan perbukitan hijaunya. Perjalanan saya di Kerala dimulai di ibukota Thiruvananthapuram, dimana untuk kali pertama dalam seumur hidup saya menyaksikan simbol palu arit bertebaran hampir di seluruh kota (bahkan di seluruh negara bagian).

Saya sedikit gagal paham mengapa komunisme dapat diterima dengan baik di sini dan memenangi pemilu berturut-turut (kontras dengan apa yang ditanamkan di benak saya sejak kecil bahwa komunisme itu berbahaya). TAPI memang paham komunisme di Kerala ini mengusung konsep berbeda sehingga RRC dan Rusia pun tidak mengakuinya.

Semua 7 halaman artikel ini (seharusnya 10, tapi kemudian editor saya berubah pikiran) juga menyebutkan tentang sisi kehidupan backwater di Kerala, betapa menyenangkan dapat mengarungi danau terbesar di atas kettuvallam, sebuah rumah-perahu tradisional.

Anda juga harus baca kenapa saya menyukai perbukitan di Munnar, tenpat dimana perkebunan teh terhijau menutupi seluruh kawasan ini. Dan betapa saya ingin kembali ke Munnar untuk menyaksikan momen pada saat bunga neelakurinji bermekaran.

Jadi, apa lagi yang Anda tunggu? Bacalah majalah Panorama sekarang! 🙂

 

Disgiovery yours!

majalan Panorama Terpana Kerala Panorama ~ Terpana Kerala_Page_3

About the author

Travel Blogger
4 Responses

Leave a Reply