Syarat Ganti Paspor Biasa ke e-Paspor

JADI berdasarkan beberapa komentar masuk pada blog post disgiovery.id terdahulu mengenai penggantian paspor (silakan baca: Pengalaman Ganti Paspor ke e-Paspor via Mal Pelayanan Publik Jakarta), terdapat beberapa pertanyaan senada: Bisakah kita ganti paspor biasa ke e-paspor meskipun masa berlaku paspor masih lama habis?

Jawabannya: Tidak.

Syarat Ganti Paspor Biasa ke e-Paspor

Jadi berdasarkan Surat Edaran Ditjen Imigrasi No. IMI.2-GR.01.01-3.2034 tanggal 19 Oktober 2018 Perihal Penegasan Pelayanan Penerbitan Paspor Biasa Elektronik, telah diatur bahwa pada prinsipnya, syarat ganti paspor biasa ke e-paspor mengacu pada ketentuan berikut:

1. Masa berlaku akan atau telah habis

Biasanya paspor sudah bisa diganti jika memasuki tenggang waktu 6 bulan sebelum tanggal berlaku paspor seperti yang tercantum

2. Halaman penuh

Jika masa berlaku paspor masih lama namun halaman paspor sudah penuh, maka proses penggantian paspor masih bisa dilaksanakan

3. Hilang

Pada kasus paspor hilang sebaiknya segera urus surat kehilangan di kepolisian setempat, karena akan diperlukan sebagai syarat penggantian paspor kelak di kanim penerbit

4. Rusak

Bisa diakibatkan rusak pada saat proses penerbitan, ataupun rusak di luar proses penerbitan sehingga keterangan di dalamnya menjadi tidak jelas atau memberi kesan yang tidak pantas lagi sebagai dokumen resmi (misal terkena air, termakan rayap, atau tercorat-coret)

Pada poin 3 dan 4 memerlukan proses wawancara BAP (Berita Acara Pemeriksaan) di kanim asal yang menerbitkan paspor Anda.

Langkah-langkah mengurus BAP tertera pada tautan berikut:
Balada Paspor Rusak: Buat BAP Janganlah Gentar

Berhubung paspor saya yang rusak diterbitkan oleh Kanim Jaksel, maka saya harus mengurus BAP di kanim tsb.

Tata cara penggantian paspor rusak di Kanim Jaksel:
Balada Paspor Rusak: Ganti Paspor di Kanim Jaksel

Demikian yang bisa disampaikan, semoga bisa menambah informasi Anda sekalian mengenai syarat ganti paspor biasa ke e-paspor.

 

Disgiovery yours!

About the author

Travel Blogger
34 Responses
  1. Cia

    Hi min, aku baru search mengenai perihal penggantian paspor biasa ke e-passport. Boleh kok, tanpa harus menunggu masa berlaku habis atau paspor penuh.

    ………… Surat Edaran Direktur Dokumen Perjalanan, Visa dan Fasilitas Keimigrasian nomor IMI.2-UM.01.01-3.1912 tanggal 26 November 2014 perihal Pergantian Paspor Non-Elektronik ke Paspor Elektronik. Dalam Surat Edaran tersebut diperintahkan kepada Seluruh Kepala Kantor Imigrasi untuk menerima permohonan pergantian paspor non-elektronik menjadi paspor elektronik tanpa masa berlaku dan halaman penuh paspor lamanya. Pemohon pergantian paspor tidak akan dipermasalahkan untuk melakukan permohonan pergantian paspor biasa ke paspor elektronik walaupun masa berlakunya belum habis dan halaman yang ada belum terpakai seluruhnya.
    Demikian disampaikan, terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya.

    1. Halo kak Cia, terima kasih banyak tambahan informasinya. Saya pribadi senang sekali jika masyarakat bisa mengganti paspor biasa ke paspor elektronik kapanpun tanpa harus menunggu masa berlaku habis (sesuai Surat Edaran tahun 2014)

      Namun pada prakteknya ternyata banyak permohonan yang ditolak, karena harus menunggu masa berlaku paspor habis terlebih dahulu. Sepertinya itu mengacu pada Surat Edaran Ditjen Imigrasi tahun 2018 (tercantum pada artikel blog di atas).

  2. Phien

    Benar kok min, ini pengalaman saya sendiri baru habis dari imigrasi soekarno hatta, masa berlaku paspor biasa saya sd thn 2022 jadi ga bisa katanya kalo mo buat epaspor harus minimal 6 bulan sudah mau habis masa berlakukan (sesuai aturan yg kluar bulan oktober thn 2018)

    Tapi memang dulu diperbolehkan krn teman saya thn 2016 atau 2017 gtu baru buat paspor biasa 1 thn dan apply epaspor bisa di imigrasi soekarno hatta juga

    Gtu update dari pengalaman saya dan teman saya, thanks utk artikelnya juga ya krn saya jd tau ada aturan baru itu krn yd sempet kesel juga kok temen saya bisa pas td saya ga bisa hehehe ternyata ada aturan baru, ya sudahlah mo bilang apa

  3. Punyaku paspor yang biasa, krn wkt bikin memang blm butuh yg e-passport. Ntar kalo dah abis baru aku berencana ganti ke epassport sekalian 🙂
    Ahh abisnya juga kayaknya lamaa wkwkwk…

  4. Ira

    Tapi sejak november tahun lalu, e-passport sudah ditiadakan.
    Anak saya ingin membuat epassport sampai sekarang layanannya tidak tersedia.
    Dan menurut para petugas di kantor imigrasi, entah sampai kapan tidak ada yang tahu.

      1. Walah, habis blangkonya?
        Berarti jatah pembuatan e-paspor nggak selalu ada ya?

        Padahal dulu aku kebayang mau bikin barengan pas pak suami paspornya juga udah habis aja. Kukira modelnya kaya bikin paspor biasanya, jadi santai deh mikirnya haha

    1. Luky

      Bantu jawab ya om Gio,
      Blanko e-paspor di beberapa Kanim Jakarta sejak akhir tahun 2018 memang sedang habis, kecuali di Kanim Jaktim masih tersedia. Namun sejak tanggal 19 februari 2019, Kanim Jaksel sudah bisa melayani e-paspor untuk jumlah yang terbatas terkait penyesuaian sistem baru yang di terapkan disana.
      Semoga bermanfaat.

  5. Prima

    Mau nanya, klo ganti ke e paspor, apakah nnti chip nya ditempel ke paspor lama atau memang diganti buku baru ?
    makasih sebelumnya

  6. Aga

    Halo Kak mau nanya, masa berlaku paspor saya habis nov 2019. Saya rencana mau beli tiket di bulan Juni 2019. Jika saya mau perpanjang paspor, dan ubah paspor manual ke e-paspor apa bisa? Karena kalau saya beli tiket bulan juni 2019 (exp paspor nov 2019, masa berlaku kurang dari 6 bulan).
    Mohon infonya, terima kasih.

    Perpanjang paspor melalui antrian aplikasi yang baru sangat susah untuk dapat kuota, sudah coba dari 2 minggu yang lalu, cek kuota sesuai jadwal yang dikasi setiap jumat-minggu, kuota selalu habis. cek secara berkala pun kuota tidak pernah dapet. Aplikasi sudah bagus, tapi tidak tau kenapa selalu habis.
    Dulu tahun 2014 saya sudah pernah perpanjang paspor online lewat website dan sangat mudah (hanya saja dulu kesulitannya, 1 email hanya boleh 1 paspor), dulu saya sudah buat perpanjang untuk saya dan keluarga saya. Jika kita prepare jauh2 hari, kita pasti dapat kuota, kuota dibuka sampai beberapa minggu/ bulan ke depan. Apa pernah ada yang merasakan hal yang sama??

    Sekarang aplikasi nya saja yang bagus, tapi kenapa banyak yg teriak2 kehabisan kuota?? Lama2 kalau kayak gini, bisa balik lagi ke calo. Terus ada paspor keliling, tapi tidak pernah di share jadwalnya oleh ditjen imigrasi, hanya share saat launching saja. Jadi makin mundur nih ditjen imigrasi (kalah sama jadwal sim keliling hahahaha). temen2 dsini kalau ada yang tahu jadwal paspor keliling info2 yaa bisa lihat dimana jadwalnya??

    1. Ganti paspor ke e-paspor di bulan Juni 2019 nanti sudah bisa kok (karena sudah masuk 6 bulan sebelum tanggal expired).
      Tapi… tidak bisa ambil nomor antrean online dari sekarang, karena biasanya kuota hanya dibuka untuk 1-2 minggu ke depan. Jadi sebaiknya coba lagi daftar antrean online nanti di akhir bulan Mei 2019.

      Mengenai jadwal paspor keliling saya kurang informasi ttg hal tsb. Barangkali ada teman-teman pembaca yang bisa bantu kasih info?

  7. Yuke

    kalo ganti berarti ke epasport berati udah cukup berkas yg ektp aja sama pasport lama ya ga perlu lagi KK , Akte lahir dll

  8. Puteri Andika

    Halo mas Gio,

    Mau tanya mas paspor saya habis masa berlakunya dan kebetulan sudah pindah domisili. Ini pengajuan paspornya sama seperti buat paspor baru kah? Kalau mau ganti ke e-paspor ada persyaratannya?

    Di Bandung nyobain aplikasi antrean online selalu penuh terus, sementara mau booking tiket (biar dpt harga promo hehe). Waktu yang peluangnya cukup besar dapet kuota di hari Jumat atau Minggu ya? Hari ini (Minggu sore) saya belum berhasil…

    1. Kalau alamat di e-KTP sudah berubah sepertinya harus mengajukan pembuatan paspor baru. Sedangkan persayaratan paspor biasa dan e-paspor sama saja, cuma nanti tinggal bilang ke petugas apakah Anda hendak ganti ke e-paspor atau tidak.

      Aplikasi antrean paspor online kini membuka kuota baru setiap Jumat pukul 14. Lekas!

  9. Murni

    hai mas gio mau nanya dong paspor saya paspor biasa mau upgrade ke e paspor tapi masa berlaku paspor biasa saya juli 2019 apakah bisa di Mal Pelayanan Publik Jakarta??

  10. linda

    hai kak, mau nanya.
    saya harus berangkat dinas luar 17 mei 2019, paspor habis 17 nov 2019. sudah bisakah untuk pengajuan baru dari sekarang? dan jika pengajuan epaspor bisa kah?

    dan bagaimana kah untuk dapat kuota jadwal hadir ? karena kanim jkt & tangerang suka penuh gitu.
    bisa bantu tips & triknya kah?

    1. Coba diurus awal bulan Mei, kak, semoga dikabulkan petugas. Jika bisa, maka tak masalah hendak langsung ganti ke e-paspor.

      Supaya mudah dapat kuota coba daftar antrian online tiap hari Jumat pukul 14. Good luck!

  11. Suhendra

    Hai kak gio mau tanya nih. Kantor imigrasi mana yg bisa menerima perpanjang paspor yg masa berlakunya masi lebih dari 6 bulan?
    Saya sudah coba di cirebon dan jaktim mereka menolak perpanjang karna masa berlakunya masi padahal saya seaman yg masa kontrak nya 10 bulan di bulan agustus saya ada jadwal. Tapi meskipun saya mengajukan di bulan agustus masa berlaku msih lbih dri 6 bulan krna paspor sya sampe april 2020. Tolong bantuannya.

    1. Halo kak Suhendra, mungkin bisa coba kanim Tanjung Priok, tapi dengan syarat penggantian dari paspor biasa ke e-paspor, jadi bukan perpanjangan paspor reguler. Semoga berhasil!

  12. Nida

    Hai kak Gio, saya mau tanya nih, kalo upgrade dari paspor lama ke e-paspor untuk nomor paspornya sendiri bakal berubah nggak ya?
    Soalnya saya lagi kuliah di Taiwan dan rencananya Juli nanti mau pulang dulu ke Indonesia sekalian upgrade e-paspor, tapi takutnya kalau data nomor paspor nya berubah nanti jadi gak sama dengan di ARC (KTP Taiwan utk orang asing) saya dan gabisa balik lagi ke Taiwan. Mohon bantuannya kak, terimakasih.

    1. Halo kak Nida. Ganti paspor apapun pasti akan mendapat buku paspor baru, dengan nomor paspor baru pula.
      Tenang saja, nanti buku paspor lama akan dikembalikan ke kita kok. Jadi nanti bisa kamu satukan buku paspornya (lama & baru) dalam satu cover.

Leave a Reply