Syarat Ganti Paspor Biasa ke e-Paspor

JADI berdasarkan beberapa komentar masuk pada blog post disgiovery.id terdahulu mengenai penggantian paspor (silakan baca: Pengalaman Ganti Paspor ke e-Paspor via Mal Pelayanan Publik Jakarta), terdapat beberapa pertanyaan senada: Bisakah kita ganti paspor biasa ke e-paspor meskipun masa berlaku paspor masih lama habis?

Jawabannya: Tidak.

Syarat Ganti Paspor Biasa ke e-Paspor

Jadi berdasarkan Surat Edaran Ditjen Imigrasi No. IMI.2-GR.01.01-3.2034 tanggal 19 Oktober 2018 Perihal Penegasan Pelayanan Penerbitan Paspor Biasa Elektronik, telah diatur bahwa pada prinsipnya, syarat ganti paspor biasa ke e-paspor mengacu pada ketentuan berikut:

1. Masa berlaku akan atau telah habis

Biasanya paspor sudah bisa diganti jika memasuki tenggang waktu 6 bulan sebelum tanggal berlaku paspor seperti yang tercantum

2. Halaman penuh

Jika masa berlaku paspor masih lama namun halaman paspor sudah penuh, maka proses penggantian paspor masih bisa dilaksanakan

3. Hilang

Pada kasus paspor hilang sebaiknya segera urus surat kehilangan di kepolisian setempat, karena akan diperlukan sebagai syarat penggantian paspor kelak di kanim penerbit

4. Rusak

Bisa diakibatkan rusak pada saat proses penerbitan, ataupun rusak di luar proses penerbitan sehingga keterangan di dalamnya menjadi tidak jelas atau memberi kesan yang tidak pantas lagi sebagai dokumen resmi (misal terkena air, termakan rayap, atau tercorat-coret)

Pada poin 3 dan 4 memerlukan proses wawancara BAP (Berita Acara Pemeriksaan) di kanim asal yang menerbitkan paspor Anda.

Langkah-langkah mengurus BAP tertera pada tautan berikut:
Balada Paspor Rusak: Buat BAP Janganlah Gentar

Berhubung paspor saya yang rusak diterbitkan oleh Kanim Jaksel, maka saya harus mengurus BAP di kanim tsb.

Tata cara penggantian paspor rusak di Kanim Jaksel:
Balada Paspor Rusak: Ganti Paspor di Kanim Jaksel

Demikian yang bisa disampaikan, semoga bisa menambah informasi Anda sekalian mengenai syarat ganti paspor biasa ke e-paspor.

 

Disgiovery yours!

About the author

Travel Blogger
4 Responses
  1. Cia

    Hi min, aku baru search mengenai perihal penggantian paspor biasa ke e-passport. Boleh kok, tanpa harus menunggu masa berlaku habis atau paspor penuh.

    ………… Surat Edaran Direktur Dokumen Perjalanan, Visa dan Fasilitas Keimigrasian nomor IMI.2-UM.01.01-3.1912 tanggal 26 November 2014 perihal Pergantian Paspor Non-Elektronik ke Paspor Elektronik. Dalam Surat Edaran tersebut diperintahkan kepada Seluruh Kepala Kantor Imigrasi untuk menerima permohonan pergantian paspor non-elektronik menjadi paspor elektronik tanpa masa berlaku dan halaman penuh paspor lamanya. Pemohon pergantian paspor tidak akan dipermasalahkan untuk melakukan permohonan pergantian paspor biasa ke paspor elektronik walaupun masa berlakunya belum habis dan halaman yang ada belum terpakai seluruhnya.
    Demikian disampaikan, terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya.

    1. Halo kak Cia, terima kasih banyak tambahan informasinya. Saya pribadi senang sekali jika masyarakat bisa mengganti paspor biasa ke paspor elektronik kapanpun tanpa harus menunggu masa berlaku habis (sesuai Surat Edaran tahun 2014)

      Namun pada prakteknya ternyata banyak permohonan yang ditolak, karena harus menunggu masa berlaku paspor habis terlebih dahulu. Sepertinya itu mengacu pada Surat Edaran Ditjen Imigrasi tahun 2018 (tercantum pada artikel blog di atas).

Leave a Reply