Pengalaman Ganti Paspor ke e-Paspor via Mal Pelayanan Publik Jakarta

ARTIKEL ini dibuat berdasarkan pengalaman saya pribadi ketika mengganti paspor biasa menjadi paspor elektronik (e-paspor) pada bulan Mei 2018. Saya memilih Mal Pelayanan Publik (MPP) Jakarta sebagai tempat pengurusan ganti paspor. Harap diketahui MPP Jakarta hanya melayani penggantian paspor saja. Sementara jika Anda hendak buat paspor baru, atau ganti paspor karena ada perubahan data, maka haruslah datang ke Kantor Imigrasi selain MPP Jakarta ini.

Secara garis besar prosedur ganti paspor online adalah sbb:
Langkah 1. Daftar Antrian Paspor Online
Langkah 2. Siapkan Dokumen
Langkah 3. Datang ke Kantor Imigrasi

Mari kita mulai!

Langkah 1. Daftar Antrian Paspor Online

Antrean paspor Anda bisa didapatkan melalui website resmi https://antrian.imigrasi.go.id/ ATAU aplikasi Antrian Paspor via Android. Silakan buat akun baru di sana dan ikuti saja petunjuk selanjutnya. Langkah awal inilah yang paling penting sekaligus tricky karena Anda harus ‘rebutan’ kuota antrean. Lantas bagaimana strateginya?

Jika dirasa masih kurang jelas, Anda bisa membaca panduan lengkapnya pada artikel berikut:
Cara Mudah Mendapatkan Antrian Paspor Online

Langkah 2. Siapkan Dokumen

Kabar gembira, khusus untuk pemohon ganti paspor kini hanya perlu bawa e-KTP dan paspor lama berikut fotokopinya. Jangan lupa bawa juga uang tunai untuk mas kawin membayar biaya penggantian paspor ini.

Apa saja dokumen yang harus dibawa?
1. Paspor lama asli dan 1 lembar fotokopi paspor lama (di kertas A4, jangan dipotong)
2. E-KTP asli dan 1 lembar fotokopi e-KTP (di kertas A4, jangan dipotong)
3. Uang sejumlah biaya paspor dibayar tunai (sah? saaah!)

Berapa biaya penggantian paspor?
1. Paspor biasa 24 halaman Rp155.000
2. Paspor biasa 48 halaman Rp355.000
3. E-paspor Rp655.000

Langkah 3. Datang ke Kantor Imigrasi

Pada Langkah 1 di atas Anda telah menentukan tanggal dan Kantor Imigrasi mana yang akan didatangi untuk pengurusan ganti paspor ini. Sebaiknya DATANG TEPAT WAKTU karena kalau melebihi batas waktu yang telah ditentukan, Anda akan disuruh kembali dan mengulangi Langkah 1 di atas. Jangan lupa cari tahu bagaimana mencapai lokasi Kantor Imigrasi yang hendak Anda datangi.

Saya sendiri memilih Mal Pelayanan Publik (MPP) Jakarta yang berlokasi di Jl. HR Rasuna Said Kav. C22 Jakarta Selatan. Lokasinya bersisian dengan gedung Nyi Ageng Serang, atau lewat jalan masuk sebelum The Westin. Harap diketahui bahwasanya masih banyak abang ojol yang tidak familiar dengan nama Mal Pelayanan Publik. Tapi begitu saya bilang, “Lokasinya di samping gedung Nyi Ageng Serang!” maka langsung paham mereka.

Atau kalau Anda punya budget lebih, bolehlah menginap di hotel The Westin Jakarta. Kalau stay di sini maka tinggal koprol 3 kali dari hotel niscaya sudah sampai di MPP. Silakan baca ulasan hotelnya di sini:
Disgiovery at The Westin Jakarta | Live from the 58th Floor

Lantas kenapa MPP Jakarta? Karena menurut testimonial yang saya baca ternyata prosesnya cepat & lancar selain itu tempatnya nyaman sudah seperti co-working space dalam mall. Mari kita buktikan! 🙂

Syarat utama pengurusan paspor di MPP Jakarta:
1. Hanya berlaku untuk GANTI PASPOR (misal untuk perpanjangan masa berlaku ataupun penggantian dari paspor biasa ke e-paspor)
2. Tidak ada perubahan data apapun (sesuai dengan yang tertera pada paspor lama)
3. Tidak ada pembatasan zona selama Anda mempunyai e-KTP

ganti paspor mpp building

Langkah 3.1. Ambil Nomor Antrean

Begitu masuk lobi gedung MPP Jakarta, terdapat 3 monitor di sisi kanan. Tinggal cari saja tulisan Ditjen Imigrasi pada monitor tsb, sentuh monitor touch screen, lalu nomor antrean Anda akan tercetak. Atau jika bingung, sudah terdapat 2 orang petugas mirip Abang & None Jakarta yang siap sedia memberi informasi apa saja yang Anda butuhkan.

Oya, nomor antrean di MPP ini berbeda dengan sistem Antrian Paspor di website/aplikasi ya.  Nomor antrean di MPP ini berguna untuk nomor urut panggilan di konter imigrasi (first come first serve), sementara sistem Antrian Paspor berguna untuk menentukan lokasi kantor imigrasi, tanggal, dan waktu (pagi/siang). Sampai di sini paham ya?

TIPS:
Sebelum mendatangi konter imigrasi di lantai 3, sebaiknya Anda ke toilet sejenak untuk merapikan penampilan. Ingat, sesaat lagi Anda akan difoto dan fotonya akan terpampang di paspor selama 5 tahun ke depan. Jadi bagi penumpang ojol seperti saya perlulah membersihkan wajah dari partikel debu dan radikal bebas, hahaha! Setidaknya buatlah wajah Anda terlihat cerah dan rambut tersisir rapi.

ganti paspor mpp

Langkah 3.2. Masukkan Berkas

Naik ke lantai 3, seorang resepsionis akan menyambut dan menanyakan keperluan Anda. Ia akan menunjukkan konter Imigrasi yang terletak di sisi kanan. Anda tinggal duduk saja di sofa-sofa empuk warna jingga & biru di depan konter imigrasi sampai nomor antrean Anda dipanggil melalui pengeras suara. Saya cuma duduk 5 menit sudah dapat giliran.

Begitu tiba giliran Anda, langsung serahkan berkas dokumen seperti tertera pada Langkah 2. Tapi uang tunainya disimpan dulu ya, nanti Anda yang harus setor sendiri. Jangan lupa sebutkan permintaan khusus Anda, misalnya hendak mengganti paspor biasa menjadi e-paspor. Seorang petugas akan mengumpulkan berkas Anda dalam sebuah map, lalu Anda akan kembali diminta menunggu untuk panggilan wawancara & foto.

ganti paspor konter imigrasi

Langkah 3.3. Wawancara & Foto

Jatah wawancara tiap orang selalu berbeda. Pada kasus saya, petugas imigrasi hanya memastikan nama dan tanggal lahir, lalu langsung mengambil foto wajah saya dengan kamera DSLR. CLICK! Selesai.

Lho, beneran ini sudah selesai?

Padahal saya sudah siap ditanya-tanya soal zodiak, artis favorit, atau kata mutiara 😀 Syukurlah, ini proses birokrasi tersingkat yang pernah saya jalani. Petugas langsung memberi saya sehelai surat pengantar untuk membayar biaya paspor di bank. “E-paspor selesai dalam 7 hari kerja ya, Mas. Sabtu-Minggu dan tanggal merah tidak dihitung,” demikian pesan petugas.

TIPS:
Begitu selesai difoto, sebaiknya Anda memastikan pada petugas bagaimana hasil fotonya. Sepertinya petugas tak keberatan untuk mengulang foto sekali lagi. Tapi jangan seperti mbak sebelum saya yang minta ulang foto hingga beberapa kali sampai petugasnya bete. Akibatnya saya enggan meminta foto ulang. Hasilnya foto saya jadi gitu deh, tak seperti portfolio Ford Models #menurutngana

Langkah 3.4. Bayar Biaya Paspor

Sebaiknya langsung membayar biaya paspor di Bank DKI lantai 2 MPP hari itu juga, supaya paspor Anda dapat langsung diproses sehari sesudahnya. Sebenarnya Anda juga dapat membayar di bank afiliasi lainnya, andai tak keberatan untuk mampir ke bank lain di luar gedung MPP. Usai bayar, bisa pulang. Total durasi saya mengurus pengantian paspor di MPP hari itu hanya makan waktu setengah jam lebih sedikit. Memuaskan!

PENTING: Simpan bukti tanda setor bank & surat pengantar imigrasi untuk ditunjukkan pada saat pengambilan paspor nanti.

ganti paspor bank dki

Langkah 3.5. Ambil Paspor

Setelah 7 hari kerja (atau 3 hari kerja bagi penggantian paspor biasa), Anda dapat datang kembali untuk mengambil paspor. Khusus pengambilan paspor, saya bahkan tak perlu ambil nomor antrean di lobi karena langsung disuruh naik ke lantai 3. Ternyata sudah ada meja Pengambilan Paspor di konter imigrasi.

Tinggal tunjukkan bukti tanda setor bank & surat pengantar imigrasi, VOILA, paspor baru sudah di tangan!

ganti paspor e paspor

Jadi, hendak tamasya ke negara mana kita? 😉

 

Disgiovery yours!

32 Responses
  1. Kebetulan masa berlaku paspor habis tahun depan. Jelas sangat membantu. Kurang lebih di tempat lain mungkin sama.
    Ngobrol ngobrol, bedanya nomor antrean yang diambil di Mal dengan antrean yang di website itu apa kak gio?

    1. Ya kurang lebihnya sama di daerah manapun..

      Oya nomor antrean di Mal berfungsi untuk nomor urut panggilan di konter imigrasi, sementara kalau antrean di sistem Antrian Paspor berfungsi untuk menentukan lokasi, hari, dan waktu (pagi/sore)..

  2. Harisma

    Halo kebetulan mau perpanjang epasport juga disini, paspor lama bisa diambil kembali kah? soalnya kalo mau buat visa kan butuh riwayat perjalanan. Thank you

  3. Aisha

    Untuk pengambilan paspor waktu itu (dengan note setelah 7 hari kerja) nunggu mereka notifikasi ke pemilik paspor atau lgsg datang aja ya?

  4. Vin

    Sorry masih kurang jelas
    Kalo mau ganti dari paspor biasa ke e-paspor, perlu isi dan daftar di web atau cukup langsung datang ke MPP dan proses disana? Ada jadwal pelayanan dr MPP? Thanks

    1. – Daftar di sistem Antrian Online tetap harus dilakukan untuk mengambil nomor antrean (nanti bisa dipilih slot waktu mana saja yang masih kosong)
      – Datang ke MPP sesuai waktu yang dipilih, lalu sewaktu Anda menyerahkan berkas ke petugas imigrasi jangan lupa sampaikan “BIKIN E-PASPOR”, nanti sama petugas bakal dikasih catatan khusus e-paspor di atas map berkas tsb

      Demikian semoga lebih paham 🙂

    1. Tiap buku paspor punya nomor berbeda, jadi kalau ganti paspor (entah paspor biasa atau e-paspor) maka dipastikan nomornya pun berganti. Masa berlaku e-paspor sama dengan paspor biasa selama 5 tahun

  5. Dila

    Halo, Mas Gio. Terima kasih sekali untuk informasinya.

    Saya agak penasaran untuk dokumen syarat penggantian paspor, karena KTP saya KTP luar Jakarta. Apakah di lokasi ada keterangan selain 2 item di atas, perlu mencantumkan dokumen lain (surat keterangan dari kantor, surat keterangan domisili, dll.)?

    Terima kasih sebelumnya.

    1. Nah, setahu saya jika masih pegang KTP biasa (bukan e-KTP) sepertinya harus ganti paspor sesuai domisili KTP ybs. Berbeda dengan e-KTP karena sudah berskala nasional maka bisa ganti paspor di kanim manapun. Semoga jawabannya bisa membantu, ya…

  6. Rikho

    Halo, Kak, makasih sharing nya, kebetulan saya akan memperpanjang paspor dan ada niatan mengganti ke e-passport. Kebetulan saya sering melewati MPP (sering ke Stadion Soemantri) jadi paham lokasinya, hehe. Sekadar memastikan, kita tidak perlu membawa KK dan ijazah asli lagi ya? Terima kasih.

  7. Amy

    Halo om Gio, kalo yg mau diperpanjang passport anak saya yg blm punya e-KTP, dokumen apa ya yg butuhkan? Terima kasih om atas penjelasannya.

  8. Rizqi Prifsanti

    Mas, saya ada visa multiple yg masih berlaku di paspor lama, kalo ganti ke e-paspor jadi gimana ya visa saya? Apa ikut kepindah juga? Ini bisa nanya ke mana ya pastinya?

  9. Adit

    Bang..ane baru buar paspor september 2018. Paspor biasa..tapi tiba2 ada rejeki pen ke jepang akhir tahun ini.

    Krn visa biasa aga ribet, bs gak ya ane lgsung gnti ke e-paspor?

    Paspor masih bersih bgt haha

    1. Itu biaya bikin e-paspor bukannya hampir sama dengan biaya visa Jepang ya, hehehe. Menurut saya sih gak masalah kalau mau ganti, tapi kemungkinan sih nanti bakal ditanya2 sama petugas imigrasinya. Semoga dapat yang baik & gak ribet ya, kak 🙂

  10. Yudi

    Kak..saya mau nnya donk…
    Saya punya paspor pelaut dan masa berlaku nya sampe desrmber 2018..
    Apa bisa ganti Epaspor…
    Saya kebetulan berlayar…
    Tapi musibah dngn aku…
    Dan kaki aku patah dan hingga 2tahun ini blom ada penyembuhan…
    Saya pngn berobat ke luar negri ke jepang apa ke korea…
    Pengn ganti epaspor apa kah bisa kak…

    1. Halo kak Yudi, terima kasih sudah berkunjung. Setiap WNI bisa ganti paspor biasa ke e-paspor kok, tak masalah. Ikuti saja semua prosedur yang sudah saya jabarkan di artikel di atas. Apakah kak Yudi masih bisa beraktivitas seperti biasa? Karena kak Yudi harus datang langsung ke MPP untuk wawancara. foto, dan sidik jari.

      Semoga lekas pulih ya kak!

  11. achiet

    kabarnya, kalau masa berlaku paspor masih lebih dari 6 bulan, belum bisa ganti paspor (atau harus pindah ke e-paspor), apakah betul demikian? mohon konfirmasinya.
    trus, kan beda biaya epaspor sama paspor biasa kan lumayan banget ya…., sebenernya worth it ga sih pindah ke e-paspor?

    1. Sebenarnya saya masih belum yakin apakah bisa ganti paspor biasa ke e-paspor dimana masa berlaku masih lebih dari 6 bulan. Baiknya ditanyakan langsung ke Twitter Ditjen Imigrasi, kak…

      Mengenai worth it atau tidaknya ganti ke e-paspor, tergantung budget & kebutuhan saja (misal mau ke Jepang tanpa visa). Tapi kabarnya di masa mendatang semua sudah harus memakai e-paspor, jadi bagi yg punya budget lebih sekarang tak ada salahnya mulai ganti ke e-paspor biar next time tidak usah ribet lagi.

Leave a Reply