Balada Paspor Rusak: Buat BAP Janganlah Gentar

SENANG tiada tara mendapati e-paspor yang baru jadi, diurus secara mudah dan cepat via Mal Pelayanan Publik Jakarta. Saya tinggalkan sang paspor dalam laci lemari khusus bersama berkas-berkas penting (buku tabungan, mata uang asing, dan surat-surat berharga lainnya).

Seminggu kemudian, usai pulang tugas dari Bandung, saya kangen ingin lihat si biru mungil e-paspor. Buka laci lemari, JREEEEENG!!! Ada banyak serpihan tanah dan suara-suara misterius di dalam laci.

GERANGAN APAKAH INI, GUSTI???

Paspor Rusak Dimakan Rayap

Sontoloyo, kalian hai rayap-rayap! Di antara semua dokumen dalam laci, kenapa harus e-paspor baru yang jadi korban pertama? Antara kepingin ngamuk sama ketawa melihat e-paspor baru saya sudah bolong-bolong dimakan rayap! Lekas saya keluarkan semua isi laci lemari dan menebarkan bubuk anti rayap supaya pada kapok kembali.

Paspor rusak atau hilang seperti dalam kasus saya ini sebenarnya dapat diperbarui dengan langkah awal: MEMBUAT BAP (Berita Acara Pemeriksaan) di Kantor Imigrasi penerbit paspor tsb. Saya tak bisa langsung mengurus BAP karena terpotong libur Lebaran, cuti bersama, endebre-endebre, hingga akhirnya baru berkesempatan bikin BAP pada bulan Juli 2018.

Saya kira paspor rusak saya bisa diurus di Mal Pelayanan Publik (MPP) Jakarta sesuai lokasi dimana saya membuatnya. Namun ternyata MPP adalah perpanjangan layanan dari Kanim Jaksel, yang mana berarti paspor saya dikeluarkan oleh Kanim Jaksel, maka saya harus bikin BAP paspor rusak di Kanim Jaksel. Mau tak mau.

Baca juga: Pengalaman Ganti Paspor ke e-Paspor via Mal Pelayanan Publik Jakarta

paspor rusak
SEMUA KARENA RAYAP! T_T

Langkah-Langkah Mengurus BAP Paspor Rusak/Hilang

– Ambil nomor antrean di Kanim (no online, no tipu-tipu)
– Isi formulir BAP
– Wawancara BAP

Harap dicatat bahwa tiap Kanim biasanya punya perlakuan berbeda, misal di Kanim Jaksel butuh ambil nomor antrean sejak dini hari karena mereka hanya punya kuota BAP untuk 12 orang sahaja. Sementara kalau saya baca pengalaman orang lain, ada yang mengurus BAP paspor rusak/hilang di Kanim Jaktim cukup datang pukul 8 saja masih bisa dilayani. Jadi pastikan dulu Kanim penerbit paspor Anda punya regulasi bagaimana khususnya dalam pengambilan nomor antrean non online.

Baca juga: Paspor Hilang kena Denda 1 Juta? Tenang, Ini Penjelasannya!

Persiapan Dokumen untuk BAP Paspor Rusak/Hilang

Semua dokumen di bawah ini harus difotokopi di kertas A4 dan JANGAN DIPOTONG. Bawa dokumen asli beserta fotokopinya pada saat mengurus BAP nanti:

KTP (atau Surat Pengantar Orang Tua/Wali bagi mereka yang di bawah umur)
Akte Lahir
Kartu Keluarga
Ijazah pendidikan terakhir
Buku Nikah bagi yang sudah menikah (bagi yang belum silakan menikah dulu, maksudnya skip aja bagian ini)
Surat Keterangan Bekerja bagi pekerja tetap
Bukti paspor rusak
ATAU
Surat Keterangan Kepolisian bagi paspor hilang

Catatan: Bagi paspor rusak karena musibah kebanjiran atau bencana lainnya maka lampirkan pula Surat Keterangan Kecamatan dimana musibah tsb terjadi.

paspor rusak
Siapkan semua dokumen yang diperlukan termasuk fotokopi di kertas A4 (jangan dipotong)

Tips Membuat BAP Paspor Rusak/Hilang di Kanim Jaksel

Berhubung Kanim Jaksel hanya menyediakan kuota 12 orang untuk BAP paspor rusak/hilang, sementara nomor antrean harus diambil sendiri dan langsung di tempat, maka berlaku seleksi alam siapa cepat dia dapat. Kanim Jaksel sendiri sudah buka sejak dini hari untuk melayani nomor antrean ini. Berikut tips dari saya:

– Alarm untuk bangun sepagi mungkin mendahului azan Subuh (berhubung rumah saya jauh maka saya bela-belain nginep di rumah teman di kawasan Duren Tiga, dekat lokasi Kanim Jaksel)
– Bekal minum (air putih lebih baik)
– Bekal sarapan (yang ringan saja macam roti atau buah potong, tak perlu bawa nasi soto atau ayam penyet)
– Ponsel dengan baterai penuh (bawa power bank jika perlu, tapi tak perlu bawa genset)
– Pulpen warna hitam untuk mengisi formulir

Pengalaman Membuat BAP Paspor Rusak/Hilang di Kanim Jaksel

Ambil Nomor Antrean BAP

Lupakan sistem aplikasi ANTRIAN ONLINE! Khusus BAP, Anda harus datang sendiri ke Kanim Jaksel. Saya datang pukul 5:00 pagi, dan sudah menjadi pengantre nomor 5! Rupanya sudah ada pemohon lain yang datang pukul 4:30. Sewaktu mengisi buku tamu, ternyata para pemohon BAP sebelum saya semuanya punya masalah paspor hilang. Akhirnya dengan bangga saya menuliskan: RUSAK pada kolom alasan ganti paspor. Selera humor saya memang receh, hahaha!

Saya ingatkan sekali lagi, Kanim Jaksel hanya menyediakan kuota 12 orang/hari untuk wawancara BAP, jadi sebaiknya memang datang lebih awal daripada tak kebagian nomor atau Anda harus mengantre lagi esok subuh.

Baca juga: Cara Mudah Mendapatkan Antrian Paspor Online

Menunggu dan Mengisi Formulir

Saya duduk manis sejak pukul 5 di ruang tunggu bersama para pemohon lain. Jika rumahmu dekat tentu tak masalah karena bisa kembali pukul 7. Tapi yang rumahnya jauh sebaiknya jangan beranjak kemana-mana. Beberapa orang tampak sudah antisipasi membawa bekal untuk sarapan. Seorang bapak malah membawa tumblr berisi kopi. Beuh, bawaan pengen ikut gelar tikar buka rantang.

Sekitar pukul 7:15 kami disuruh naik ke lantai 2. Seorang petugas akan membagikan map berdasarkan nomor urut. Saya mendapat nomor urut 7005. Ternyata 1 digit di awal nomor urut menandakan kategori, misal angka 6 menandakan pengambilan paspor, sedangkan angka 7 menandakan wawancara BAP. Sedangkan 3 digit terakhir adalah nomor antrean.

Kami diminta duduk di dekat counter 14, khusus tempat pembuatan berkas BAP. Sambil menunggu kami disuruh mengisi formulir yang terlampir di dalam map. Ingat, gunakan pulpen warna hitam, ya! Siapkan pula berkas-berkas yang dibutuhkan biar nanti saat wawancara tak perlu grasa-grusu mencari-cari lagi. Ingat, waktu berharga, baik bagi petugas ataupun bagi pemohon lain.

paspor rusak
Menunggu panggilan wawancara BAP

Wawancara BAP

Pukul 8:00 semua konter pelayanan sudah mulai beroperasi. Sebuah layar monitor di depan kami secara berkala menampilkan nomor-nomor antrean yang dipanggil dan menghadap ke konter nomor berapa. Saya langsung mules membayangkan berapa lama harus menunggu hingga sampai pada antrean nomor 7005. Beruntung konter 14 menyediakan layanan wawancara BAP untuk 2 pemohon sekaligus, namun hal itu tetap saja bikin senewen. Ingat, mayoritas kami sudah duduk menunggu sejak pukul 5, lho!

Pukul 9:00 lebih sedikit akhirnya tiba giliran saya masuk konter 14. Petugas yang mewawancarai saya adalah mbak Shella yang cantik & ramah dengan dipandu mbak Enno yang sigap & tegas. Mereka segera memeriksa kelengkapan berkas-berkas beikut barang bukti paspor rusak. Saya kemudian diminta memberikan kronologis kenapa paspor saya bisa rusak.

Perhatian, harap bercerita sewajarnya tak perlu pakai hoaks, karena terkadang petugas imigrasi akan meminta kita menceritakan kembali kronologis dari awal (mungkin untuk kroscek apakah pemohon menceritakan kejadian sebenarnya). Intinya selama kalian menceritakan apa adanya tak pakai berbelit-belit, maka proses wawancara juga bisa lancar & menyenangkan. Jadi tak perlu gentar, ya!

Setelah sekitar 30 menit tanya jawab, mbak Shella lalu menyerahkan saya dua lembar print out BAP berdasarkan hasil wawancara untuk dibaca dengan saksama, sebelum saya menyetujui dan membubuhkan tanda tangan. Saya diminta datang kembali seminggu berikutnya untuk mengambil berkas BAP. “Ingat, tidak semua BAP bisa disetujui. Ada kalanya harus mengalami penangguhan antara 6 bulan hingga 2 tahun,” pungkas mbak Shella sambil tersenyum ramah.

Saya jadi grogi. Mbak Shella, ah!

Next: Deg-Degan Mengambil Berkas BAP

Link-nya ada di sini: Balada Paspor Rusak: Ganti Paspor di Kanim Jaksel

 

Disgiovery yours!

About the author

Travel Blogger
58 Responses
  1. RA

    ini kena biaya normal pembuatan paspor baru atau biaya yang 2x lipat itu yaa??
    atau bebas biaya karena dianggap bencana alam?? 😀

  2. Chiyo

    Hi mas Gio, thanks for sharing your experience. Mau tanya dong untuk kasus rusak karena penyimpanan gini dan bukan karena musibah, perlu surat kepolisian juga kah? Sampul pasporku kena noda karat di covernya aja sih. Piyee 🙁

      1. Rentauli simbolon

        Siang pak saya mo tanya paspor saya kerendam di air karena lupa keluarkan dari tas trus saya keringkan pakai kipas.saat saya keluar negri saya tercekal katanya paspor saya rusak dan sama sekali saya tidak sangka akibatnya seperti itu yg akhirnya mbuat saya tercekal hari ini.gimana penyelesaiannya pak karena saat ini saya sedang tercekal tapi paspor saya sudah dipegang oleh imigrasi tujuan saya bepergian.kira kira wawancara bap nya seperti apa ya pak mohon infonya mksh

        1. Wah turut prihatin mendengarnya, memang dicekal dimanakah?

          Untuk proses BAP setahu saya harus dilakukan di kanim penerbit. Wawancaranya pasti akan ditanya kenapa sampai rusak, alasannya apa, dll.

          Semoga bisa lekas diurus masalahnya ya kak!

  3. Intan

    Mas mau tanya,paspor saya ilang di copet di trmasuk musibah ga ya,, sya baru aja kecopetan soalnya mau bkin lg paspor baru tp searching biaya dendanya mahal bgt 2kali lipat hiks

    1. Itu termasuk musibah yang tetap membutuhkan surat keterangan kepolisian. Mengenai denda tergantung dari hasil wawancara BAP nanti, jika petugas menilai itu akibat keteledoran maka akan dikenai denda. Saran saya sebaiknya jangan grogi & gugup pada saat wawancara BAP, ceritakan saja apa adanya..

  4. Intan

    Mas mau tanya, paspor saya ilang krna kecopetan itu kira2 musibah ga ya masuknya, saya ngeri kena denda pembuatan paspor baru 2 kali lipat,,,

  5. Rizki

    Mas, kalo ingin ganti dari pasport biasa ke e-pasport dengan alesan supaya lebih mudah travel ke jepang apa bisa ya? Persyaratannya gmn tuh?

    1. Halo Rizki, alasan ganti ke e-paspor karena hendak travel ke Jepang adalah alasan yg tak akan diterima oleh petugas imigrasi.
      Alasan supaya terkabul adalah masa berlaku paspor sudah habis, atau halaman paspor sudah penuh…

  6. Ruth Panjaitan

    Mas, surat keterangan kerja adalah syarat mutlak bukan ya? kalau di web nya spertinya hanya harus KK, e-ktp dan paspor lama. Soalnya agak ribet harus minta ke kantor

    paspor sy cm kerobek dikit halaman depannya krn tertekan di dalam tas. smoga tdk dianggap ceroboh

  7. denny

    Paspor pengganti, Masa berlakunya 5 tahun sejak dikeluarkan. Atau sesuai Masa berlaku paspor yg hilang?

  8. denny

    Paspor pengganti, Masa berlakunya 5 tahun sejak dikeluarkan. Atau sesuai Masa berlaku paspor yg hilang?

    Terimakasih

  9. anggoro

    paspor saya luntur dibagian foto tp menurut saya masih jelas muka nya dan sebagian cap yg pernah sy dtg i negara ada yg luntur kt nya masuk kategori bap dan akhirnya berkas sy di bagian bap.klu bole tahu alasan nya apa ya paspor saya bs masuk bap padahal nama,no paspor dll msh sgt jelas

    1. Itu tergantung kebijakan petugas imigrasi, dan menurut saya memang lebih baik masuk BAP supaya bisa ganti baru.
      Kenapa?
      Karena mungkin menurut kita paspor luntur tidak bermasalah, tapi bisa jadi petugas imigrasi negara lain akan menganggap hal itu problem besar dan Anda tidak diizinkan masuk ke negara ybs. Kan bisa berabe kalau sampai kejadian.

  10. Winarti

    Kak,kalau paspor dirobek robek suami trs kalau ditanya rusak nya kenapa jawabnya gimana kak.dan apakah itu termasuk kecerobohan dan mungkinkah akan mendapat penangguhan ? Mohon dijawab.terimakasih

    1. Halo kak Winarti, turut sedih karena paspornya dirobek. Menurut saya sebaiknya jujur saja pada saat wawancara BAP, keputusan akhir tergantung kebijakan petugas imigrasi yang mewawancarai nanti. Bisa jadi dia akan berempati dan mempermudah jalan kak Winarti untuk memperbaharui paspor. Good luck!

  11. Reza

    Salam kenal mas, mau tanya kalau paspor kita hilang karena pindah rumah (udh dicari disemua tas dan kardus tp ga ketemu… sedih) apakah pas bap bisa selamat yah?

    1. Halo kak Reza, salam kenal juga. Jelaskan saja sejujurnya dan apa adanya pada saat wawancara BAP, semoga petugas imigrasi bisa memberi kebijakan untuk pembuatan paspor baru. Good luck, kak!

  12. desy

    hi kak
    bapak saya sempet memberikan tipe x di belakang bagian alamat, lalu mengisinya dgn pena hitam, krn saya kurang sreg, ternyata di tempel oleh beliau dgn kertas hasil ketikan komputer, rencananya akan haji awal agustus, sudah ke imigrasi sby, infonya g masalah, namun travel haji jkt minta yg bersih untuk lbh amannya di negara orang, apakah bisa mengurus BAP bukan ditempat dikeluarkannya paspor?

    1. Betul, terkadang petugas imigrasi di negara lain punya kebijakan berbeda dengan negara kita. Jika ingin mengurus BAP, sebaiknya memang di kantor imigrasi penerbit, namun sepertinya ada beberapa pengecualian dalam kondisi darurat. Ada baiknya ditanyakan langsung ke bagian CS di kanim dimana Anda hendak mengurus BAP.

  13. Benny Reynaldo

    Malam kak
    Saya td ke kantor imigrasi untuk ambil paspor adik saya..sampai di sana petugas nya bilang bahwa paspor adik saya di tolak sistem..itu karena ketika adik saya membuat paspor. Adik saya tidak melampirkan paspor lama nya di karena adik saya pikir kalo paspor yg sudah expired tidak perlu di lampirkan saat pembuatan paspor..
    Utk solusi nya gmn ya kak? Jadi binggung saya..

    1. Selamat siang, kak Benny

      Pada saat adik Benny mengurus paspor semestinya sudah ditolak oleh petugas karena tidak melampirkan paspor lama. Solusinya ya adik Benny harus kembali lagi ke kanim ybs untuk menanyakan perihal tsb, apakah harus memberikan paspor lama atau mengulang lagi prosesnya dari awal..

      Semoga beruntung ya kak..

  14. Diana

    Selamat malam pak
    Senin besok saya jadwal BAP di imigrasi jakut tp tiba2 ada jadwal rapat yg harus di hadiri,
    Gmna ya pak solusi nya untuk pindah tgl BAP??

  15. Al Faruuq Habib Abdillah

    Pak… Minta info dong… Biaya Pembuatan BAP, dll sampai jadi Paspor Baru berapa ya…??
    Paspor saya hilang.. Sudah dapat surat kehilangan dari Polisi… Mau ke kantor Imigrasi…
    MInta tolong ya mas info nya…
    Terimakasih..

    1. Halo kak Faruuq

      Biaya pembuatan BAP sebenarnya tidak ada, kecuali jika petugas kanim memutuskan ada biaya denda yang harus dibayar (ini nilainya berbeda-beda tergantung kasus & kebijakan kanim). Pada kasus saya sama sekali tak ada biaya denda, jadi hanya membayar biaya pembuatan paspor baru saja.

      Semoga lancar proses BAP-nya ya..

  16. yusdilee

    mas mau tanya dunk. passport saya kena air hujan sewaktu saya bawa ditas pada saat perjalanan dengan berkendara motor. disitu nggak tau bakal hujan. walaupun dah pake jas hujan masih tetep masuk air ke tas. itu dikira2 kecerobohan disengaja atau bisa dimaafkan. sama satu hal lagi apakah surat keterangan bekerja harus / wajib dilampirkan dalam wawancara BAP ?

    1. – paspor kena rembesan air hujan, semua tergantung hasil wawancara BAP apakah anda bisa meyakinkan petugas bahwa kejadian ini murni musibah dan bukan akibat kelalaian

      – surat keterangan bekerja sebaiknya dibawa saja, dan tunjukkan pada petugas jika diminta

  17. Risha

    Mas..mau nanya,, passport saya halaman depannya saya gambar pakai tinta merah, trus akhirnya di tegur imigrasi sg, trus saya bersihin pakai pemutih n akhirnya ngerusak foto di belakang..Kira2 kalau saya ngurus BAP bakalan kena denda ya krna kecerobohan? ( jujur saya nggak tau kalau passport nggak boleh di coret ketika pertama kali buat passport)

    1. Wah, sebaiknya dokumen resmi seperti paspor atau KTP tak boleh dicoret apapun kak.
      Mengenai denda sebenarnya tergantung hasil wawancara BAP nanti dan kebijakan kanim setempat. Semoga beruntung ya!

  18. pagi mas, terima kasih atas info nya yang sangat membantu ini. saya mau tanya, passport saya rusak karena almari penyimpannya terbakar karena lilin yang menyala di atasnya lupa di matikan. apakah hal tersebut di kategorikan dalam kelalaian dan ada kemungkinan ada penangguhannya? dan apakah saya harus mengurus laporan polisi juga?
    sebenarnya cover dan bagian atas saja yang agak parah. nama dan keterangan lain masih bisa di baca dengan sangat jelas.

    1. Halo Freeda..

      Mengenai kelalaian atau bukan hanya bisa diputuskan oleh petugas kanim setelah proses wawancara BAP. Laporan polisi tidak diperlukan kecuali kasus kebakaran besar. Sebaiknya memang ganti paspor karena beresiko ditolak masuk negara lain jika kondisi paspor seperti demikian.

  19. Dinton Siagian

    Halo Salam kenal mas
    Mau tanya Nih paspor istriku sudah expired 2009 kmaren dan sudah Hilang akibat pindah Rumah
    Yang menjadi pertantanyaan saya, apakah Data expired yg sudah 10 Thn lebih masih tersimpan di Ke Imigrasian atau gimna y’a mas Mohon Petunjuk.. Saya tinggal di Pematangsiantar

    Salam Hormat Saya

    1. Halo salam kenal juga bang!

      Menurut saya data istri Anda pasti masih tersimpan di database pihak imigrasi. TAPI istri Anda tetap harus mengajukan laporan BAP perihal kehilangan paspor ini, dan jika BAP disetujui maka dapat membuat paspor baru dengan membawa kelengkapan dokumen asli untuk dicocokkan dengan data yang sudah ada di keimigrasian. Demikian semoga jelas.

      Salam

  20. Doni saputra

    Mas mau tanya, saya baru saja ada panggilan dari kantor Imigrasi untuk pengambilan surat pembatalan pembuatan Paspor yg di karenakan adanya Duplikasi data.
    Duplikasi data setelah saya ingat2 sebelum nya saya pernah buat paspor tapi sudah hilang lama banget karena musibah jatuh ke laut.

    pertanyaan saya, apakah setelah saya membuat laporan kehilangan dari kantor kepolisian masih akan di persulit atau tidak untuk Proses pembuatan Paspor Baru…

    Thank Mas..

    1. Mungkin bukan dipersulit, tapi diberi penangguhan untuk sementara waktu (tergantung keputusan kepala kanim berdasarkan hasil wawancara BAP). Kuncinya menurut saya katakan sejujurnya apa adanya, dan jangan lupa sertakan surat kehilangan dari kepolisian ya..

  21. Monica Gisela

    Mas pspr saya kena air sedikit di foto dkt rambut saja,Saya sdh bikin BAP Rabu lalu tp blm ada kbr sampai skrg unt bs proses psprt baru. Sedangkan sy hrs apply visa lg n berangkat akhir bulan unt menghadiri wisuda anak. Dpt kbr unt ambil berkas BAP nya melalui sms atau email ya?Terima kasih

  22. Raniyah

    Kak apakah proses paspor robek sedikit di BAP di kenakan biaya ? Berapa ya untuk mengurus proses BAP sebelum di perpanjang

    1. Kena denda atau tidak tergantung keputusan petugas Kanim berdasarkan hasil wawancara. Misalkan dikenakan denda, nilainya pun relatif. Berdoa saja semoga tidak kena denda, dan cuma diharuskan bayar biaya buat paspor baru.

  23. Sisca

    Mas kalo paspornya di gigit rayap.sedikit tidak sampai hancur bagian depan masih biaa di pakai ga ya, tulisan nama semua masih bagus hanya bagian dalam aga di gigit rayap sedikit

  24. JC

    Halo mas
    Terima kasih atas sharingnya
    Apa boleh tau berapa lama waktu yang dibutuhkan sejak wawancara BAP hingga mas terima paspor yang baru?

    1. Waktu itu saya disuruh kembali seminggu setelah wawancara. Seminggu kemudian setelah mengetahui bahwa hasilnya positif boleh bikin paspor baru maka saya langsung dimasukkan ke antrean paspor baru untuk wawancara, foto, sidik jari, dan menunggu seminggu berikutnya sampai paspor baru selesai.

  25. Ayu

    kasus saya hampir sama kaya mas,bedanya paspor saya udh ludes smua sm rayap skaligus dokumen saya yg lain. karna setahun trakhir saya sangat jarang membuka tempat dokumen trsebut. paspor saya udh expired,berencana mau di perpanjang. tp wujud lamanya udh g ada. ini trmasuk hilang ya mas?

    1. Wah sungguh pengalaman buruk sama rayap seperti saya. Hmm.. kalau wujudnya sudah tidak ada mungkin bakal dianggap kasus paspor hilang. Namun ada baiknya bertanya ke petugas kanim setempat terlebih dahulu. Semoga bisa lancar prosesnya ya.

Leave a Reply