Balada Paspor Rusak: Buat BAP Janganlah Gentar

SENANG tiada tara mendapati e-paspor yang baru jadi, diurus secara mudah dan cepat via Mal Pelayanan Publik Jakarta. Saya tinggalkan sang paspor dalam laci lemari khusus bersama berkas-berkas penting (buku tabungan, mata uang asing, dan surat-surat berharga lainnya).

Seminggu kemudian, usai pulang tugas dari Bandung, saya kangen ingin lihat si biru mungil e-paspor. Buka laci lemari, JREEEEENG!!! Ada banyak serpihan tanah dan suara-suara misterius di dalam laci.

GERANGAN APAKAH INI, GUSTI???

Paspor Rusak Dimakan Rayap

Sontoloyo, kalian hai rayap-rayap! Di antara semua dokumen dalam laci, kenapa harus e-paspor baru yang jadi korban pertama? Antara kepingin ngamuk sama ketawa melihat e-paspor baru saya sudah bolong-bolong dimakan rayap! Lekas saya keluarkan semua isi laci lemari dan menebarkan bubuk anti rayap supaya pada kapok kembali.

Paspor rusak atau hilang seperti dalam kasus saya ini sebenarnya dapat diperbarui dengan langkah awal: MEMBUAT BAP (Berita Acara Pemeriksaan) di Kantor Imigrasi penerbit paspor tsb. Saya tak bisa langsung mengurus BAP karena terpotong libur Lebaran, cuti bersama, endebre-endebre, hingga akhirnya baru berkesempatan bikin BAP pada bulan Juli 2018.

Saya kira paspor rusak saya bisa diurus di Mal Pelayanan Publik (MPP) Jakarta sesuai lokasi dimana saya membuatnya. Namun ternyata MPP adalah perpanjangan layanan dari Kanim Jaksel, yang mana berarti paspor saya dikeluarkan oleh Kanim Jaksel, maka saya harus bikin BAP paspor rusak di Kanim Jaksel. Mau tak mau.

Baca juga: Pengalaman Ganti Paspor ke e-Paspor via Mal Pelayanan Publik Jakarta

paspor rusak
SEMUA KARENA RAYAP! T_T

Langkah-Langkah Mengurus BAP Paspor Rusak/Hilang

– Ambil nomor antrean di Kanim (no online, no tipu-tipu)
– Isi formulir BAP
– Wawancara BAP

Harap dicatat bahwa tiap Kanim biasanya punya perlakuan berbeda, misal di Kanim Jaksel butuh ambil nomor antrean sejak dini hari karena mereka hanya punya kuota BAP untuk 12 orang sahaja. Sementara kalau saya baca pengalaman orang lain, ada yang mengurus BAP paspor rusak/hilang di Kanim Jaktim cukup datang pukul 8 saja masih bisa dilayani. Jadi pastikan dulu Kanim penerbit paspor Anda punya regulasi bagaimana khususnya dalam pengambilan nomor antrean non online.

Persiapan Dokumen untuk BAP Paspor Rusak/Hilang

Semua dokumen di bawah ini harus difotokopi di kertas A4 dan JANGAN DIPOTONG. Bawa dokumen asli beserta fotokopinya pada saat mengurus BAP nanti:

KTP (atau Surat Pengantar Orang Tua/Wali bagi mereka yang di bawah umur)
Akte Lahir
Kartu Keluarga
Ijazah pendidikan terakhir
Buku Nikah bagi yang sudah menikah (bagi yang belum silakan menikah dulu, maksudnya skip aja bagian ini)
Surat Keterangan Bekerja bagi pekerja tetap
Bukti paspor rusak
ATAU
Surat Keterangan Kepolisian bagi paspor hilang

Catatan: Bagi paspor rusak karena musibah kebanjiran atau bencana lainnya maka lampirkan pula Surat Keterangan Kecamatan dimana musibah tsb terjadi.

paspor rusak
Siapkan semua dokumen yang diperlukan termasuk fotokopi di kertas A4 (jangan dipotong)

Tips Membuat BAP Paspor Rusak/Hilang di Kanim Jaksel

Berhubung Kanim Jaksel hanya menyediakan kuota 12 orang untuk BAP paspor rusak/hilang, sementara nomor antrean harus diambil sendiri dan langsung di tempat, maka berlaku seleksi alam siapa cepat dia dapat. Kanim Jaksel sendiri sudah buka sejak dini hari untuk melayani nomor antrean ini. Berikut tips dari saya:

– Alarm untuk bangun sepagi mungkin mendahului azan Subuh (berhubung rumah saya jauh maka saya bela-belain nginep di rumah teman di kawasan Duren Tiga, dekat lokasi Kanim Jaksel)
– Bekal minum (air putih lebih baik)
– Bekal sarapan (yang ringan saja macam roti atau buah potong, tak perlu bawa nasi soto atau ayam penyet)
– Ponsel dengan baterai penuh (bawa power bank jika perlu, tapi tak perlu bawa genset)
– Pulpen warna hitam untuk mengisi formulir

Pengalaman Membuat BAP Paspor Rusak/Hilang di Kanim Jaksel

Ambil Nomor Antrean BAP

Lupakan sistem aplikasi ANTRIAN ONLINE! Khusus BAP, Anda harus datang sendiri ke Kanim Jaksel. Saya datang pukul 5:00 pagi, dan sudah menjadi pengantre nomor 5! Rupanya sudah ada pemohon lain yang datang pukul 4:30. Sewaktu mengisi buku tamu, ternyata para pemohon BAP sebelum saya semuanya punya masalah paspor hilang. Akhirnya dengan bangga saya menuliskan: RUSAK pada kolom alasan ganti paspor. Selera humor saya memang receh, hahaha!

Saya ingatkan sekali lagi, Kanim Jaksel hanya menyediakan kuota 12 orang/hari untuk wawancara BAP, jadi sebaiknya memang datang lebih awal daripada tak kebagian nomor atau Anda harus mengantre lagi esok subuh.

Baca juga: Cara Mudah Mendapatkan Antrian Paspor Online

Menunggu dan Mengisi Formulir

Saya duduk manis sejak pukul 5 di ruang tunggu bersama para pemohon lain. Jika rumahmu dekat tentu tak masalah karena bisa kembali pukul 7. Tapi yang rumahnya jauh sebaiknya jangan beranjak kemana-mana. Beberapa orang tampak sudah antisipasi membawa bekal untuk sarapan. Seorang bapak malah membawa tumblr berisi kopi. Beuh, bawaan pengen ikut gelar tikar buka rantang.

Sekitar pukul 7:15 kami disuruh naik ke lantai 2. Seorang petugas akan membagikan map berdasarkan nomor urut. Saya mendapat nomor urut 7005. Ternyata 1 digit di awal nomor urut menandakan kategori, misal angka 6 menandakan pengambilan paspor, sedangkan angka 7 menandakan wawancara BAP. Sedangkan 3 digit terakhir adalah nomor antrean.

Kami diminta duduk di dekat counter 14, khusus tempat pembuatan berkas BAP. Sambil menunggu kami disuruh mengisi formulir yang terlampir di dalam map. Ingat, gunakan pulpen warna hitam, ya! Siapkan pula berkas-berkas yang dibutuhkan biar nanti saat wawancara tak perlu grasa-grusu mencari-cari lagi. Ingat, waktu berharga, baik bagi petugas ataupun bagi pemohon lain.

paspor rusak
Menunggu panggilan wawancara BAP

Wawancara BAP

Pukul 8:00 semua konter pelayanan sudah mulai beroperasi. Sebuah layar monitor di depan kami secara berkala menampilkan nomor-nomor antrean yang dipanggil dan menghadap ke konter nomor berapa. Saya langsung mules membayangkan berapa lama harus menunggu hingga sampai pada antrean nomor 7005. Beruntung konter 14 menyediakan layanan wawancara BAP untuk 2 pemohon sekaligus, namun hal itu tetap saja bikin senewen. Ingat, mayoritas kami sudah duduk menunggu sejak pukul 5, lho!

Pukul 9:00 lebih sedikit akhirnya tiba giliran saya masuk konter 14. Petugas yang mewawancarai saya adalah mbak Shella yang cantik & ramah dengan dipandu mbak Enno yang sigap & tegas. Mereka segera memeriksa kelengkapan berkas-berkas beikut barang bukti paspor rusak. Saya kemudian diminta memberikan kronologis kenapa paspor saya bisa rusak.

Perhatian, harap bercerita sewajarnya tak perlu pakai hoaks, karena terkadang petugas imigrasi akan meminta kita menceritakan kembali kronologis dari awal (mungkin untuk kroscek apakah pemohon menceritakan kejadian sebenarnya). Intinya selama kalian menceritakan apa adanya tak pakai berbelit-belit, maka proses wawancara juga bisa lancar & menyenangkan. Jadi tak perlu gentar, ya!

Setelah sekitar 30 menit tanya jawab, mbak Shella lalu menyerahkan saya dua lembar print out BAP berdasarkan hasil wawancara untuk dibaca dengan saksama, sebelum saya menyetujui dan membubuhkan tanda tangan. Saya diminta datang kembali seminggu berikutnya untuk mengambil berkas BAP. “Ingat, tidak semua BAP bisa disetujui. Ada kalanya harus mengalami penangguhan antara 6 bulan hingga 2 tahun,” pungkas mbak Shella sambil tersenyum ramah.

Saya jadi grogi. Mbak Shella, ah!

Next: Deg-Degan Mengambil Berkas BAP

Link-nya ada di sini: Balada Paspor Rusak: Ganti Paspor di Kanim Jaksel

 

Disgiovery yours!

About the author

Travel Blogger
2 Responses

Leave a Reply