Treasure Bay Bintan | Seru-Seruan di Kolam Renang Terbesar se-Asia Tenggara

CRYSTAL LAGOON di Treasure Bay Bintan ini ADALAH kolam renang terbesar di dunia!

Demikian pernyataan teman saya yang langsung saya koreksi. “Terbesar di Asia Tenggara kali!”

“Iya, maksudnya terbesar di dunia ASEAN!” sanggah teman saya tak mau kalah.

Hahaha, suka-sukalah! Yang jelas kita harus bangga karena Indonesia sudah punya wahana rekreasi air berkualitas dunia, tepatnya di Crystal Lagoon, Treasure Bay Bintan. Jujur, pada awalnya bahkan saya tak ada pengetahuan tentang hal ini sampai kemudian dapat kesempatan mengunjungi Crystal Lagoon di Treasure Bay Bintan bersama para influencer Trip of Wonders. Saatnya jadi duta bangsa! Makanya sebelum berangkat ke Bintan saya langsung googling tentang Treasure Bay Bintan dan mendapati fakta-fakta menarik tentangnya.

treasure bay google map

Pertama & Terbesar di Asia Tenggara

Crystal Lagoon di Treasure Bay Bintan ini punya luas total 6,3 hektar dengan panjang kolam mencapai 800 meter, kedalaman maksimal 2,5 meter, volume air 115 juta liter, dan luas kolam setara 50 kali kolam renang ukuran Olimpiade. Kolam renang ini juga ramah lingkungan karena penggunaan produk kimia 100 kali LEBIH SEDIKIT daripada kolam renang konvensional pada umumnya. Intinya inilah laguna air asin buatan manusia pertama sekaligus tersebar di kawasan ASEAN.

Sebagai pengenalan, Treasure Bay adalah konsep waterfront city seluas 338 hektar yang sedang dalam pembangunan bertahap selama 20 tahun di kawasan Lagoi, Bintan. Salah satu bagian dari Treasure Bay yang sudah beroperasi adalah wahana rekreasional Chill Cove (90 hektar) yang mencakup antara lain ATV trail hingga kolam renang Crystal Lagoon. Nah, kegiatan kami kali ini terpusat di Crystal Lagoon dan sekitarnya.

treasure bay crystal lagoon

PENTING: Berapa Harga Tiket Masuk Chill Cove

Siapkan budget Rp100.000/pax (terakhir saya cek via Traveloka malah HTM promo cuma Rp82.000/pax). Tersedia pula paket kombo (antara Rp300.000 hingga Rp800.000/pax tergantung paket) dimana selain menikmati kolam renang, kita juga bisa menikmati fasilitas lain sepuasnya seperti slip & slide, paddle boat, pirates playground, wishing sky lantern (1 pc dan khusus sore hari), hingga pemakaian skuter elektrik.

Begitu masuk kita akan menerima dua buah gelang yang mesti dikenakan di lengan. Gelang kuning sebagai tanda masuk resmi, dan gelang jingga berlaku sebagai token jika hendak memakai fasilitas yang ada. Di dalam gelang jingga ini terdapat saldo yang bisa kita gunakan untuk beli makan/minum di Chill Cove. Tinggal tap, dan kalau kurang bisa top up.

treasure bay bracelet
Treasure Bay tampaknya penggemar warna kuning-jingga
treasure bay stall
Terdapat beberapa refreshing spot untuk berteduh/menikmati sajian ringan & segar

Kesan Pertama di Treasure Bay

Warna biru muda metalik membentang di horison. Kolam renang ini tampak panjang tak berujung. Air jernih beriak, pokok nyiur melambaikan daunnya, angin laut berembus sejuk dari Teluk Sebong, tepat di sisi Treasure Bay. Jadi inlah Crystal Lagoon, kolam renang air asin terbesar di dunia Asia Tenggara itu. Tapi percayalah, rasa asinnya tidak pekat dan bikin lengket, malah terasa lebih segar daripada air laut.

Sebagai wahana rekreasi keluarga, di sini pun tersedia fasilitas family-friendly seperti bumper boat, pirates adventure, hingga choo choo train. Tenang, ada garis batas kedalaman kolam renang yang aman bagi anak-anak. Pun selalu siap sedia petugas penyelamat di pos masing-masing. DAN tak perlu kuatir mesti jalan kaki keliling Crystal Lagoon sampai gempor karena terdapat penyewaan skuter elektrik (ini yang saya lakukan sambil ambil video) hingga shuttle coach gratis untuk moda transportasi mengelilingi kolam renang maha luas ini.

treasure bay safe for kidstreasure bay electric scooter

Main Seluncur dari Ketinggian Slip & Slide

Kolam renang terluas ini tentunya punya beberapa sarana pendukung supaya kegiatan ‘maen aer’ semakin asyik. Apalagi kalau kita datang dalam grup, bisa minta pihak Treasure Bay untuk bikin kegiatan outbond seru semacam kompetisi antar kelompok. Salah satunya wahana Slip & Slide dimana kita bisa bermain seluncuran dari ketinggian 7,5 meter dengan ban karet. Tantangannya adalah bagaimana tetap bertahan di atas ban setelah kita meluncur ke permukaan air. Sulit namun bikin penasaran hingga bisa bikin kita coba berkali-kali.

treasure bay slip & slidetreasure bay slip & slide treasure bay slip & slide

Main ATV di Trek Berlumpur

Main ATV mungkin sudah biasa, namun supaya menambah tantangan kelompok, tiap helm peserta diberi gelas berisi air, siapa yang bisa mempertahankan volume air dalam gelas paling banyak maka kelompok tsb yang menang. Ini antara gemas dan gak sabaran sih melakukannya, ingin lekas sampai garis finish namun wadah air di kepala tak bisa diabaikan. Beberapa peserta malah menjalankan ATVnya sepelan mungkin, tampaknya bekicot pun bisa menang mudah, hahaha!

treasure bay atv trail treasure bay atv trail

Lomba Kano di Kolam Renang

Saking luasnya Crystal Lagoon, bahkan kita bisa mengadakan lomba kano sendiri di salah satu bagiannya. Mengayuh kano memang perlu kekuatan dan keseimbangan, dan tentu koordinasi dengan rekan satu team. Paling seru tentu saja sorak sorai pendukung kelompok masing-masing yang bikin adrenalin membuncah.

treasure bay canoeing treasure bay canoeing

Lomba Balap Karung

Jujur, lomba balap karung inilah kompetisi kelompok paling seru di Treasure Bay yang pernah saya lihat. Apalagi pesertanya turis asing semua, malah jadi tontonan menarik. Jujur, beberapa di antara mereka punya jiwa kompetisi tinggi, hingga setelah garis finish pun masih ada yang terus bertarung hingga salah satu di antara mereka terjatuh lebih dulu.

treasure bay balap karung treasure bay balap karung treasure bay balap karung

Leyeh-Leyeh yang Utama

Mau santai-santai tanpa harus melalukan kegiatan apapun juga sah-sah saja di sini. Rebah-rebah di keteduhan, lalu renang-renang, lalu rebah-rebah lagi sambil menyeruput kelapa muda, isn’t it wonderful?
Terdapat pula fasilitas penginapan a la glamping di Treasure Bay ini seperti Anmon dan Natra Bintan.

treasure bay swimming pool

Saran saya jika kamu ada masa bertandang ke Bintan luangkan waktu sehari penuh di sini supaya bisa merasakan experience Chill Cove seutuhnya. Trust me it’s worth it. Seperti semboyan baru yang ingin saya populerkan: My trip my lifestyle!

 

Disgiovery yours!

Disclaimer: Photos by Taufan Gio & Andru Panggabean

treasure bay
My trip my lifestyle! BTW ini gaya apa ya? 😀
About the author

Travel Blogger
4 Responses
  1. Buatku yang enggak bisa berenang, ada beragam aktivitas lainnya kayak di atas ternyata seru banget! Bikin gak mati gaya kalau main ke kolam renang. Hehehe. Tapi jadi tertantang buat cobain Slip & Slide, deh. Semoga gak serem yaaa 😀

Leave a Reply