Balada Paspor Rusak: Ganti Paspor di Kanim Jaksel

PASPOR rusak atau hilang? Mau tak mau gantilah!

Secara garis besar, prosedur ganti paspor untuk kasus rusak/hilang adalah sbb:

– Membuat BAP di Kanim Penerbit
– Membuat Paspor Baru (Jika BAP Disetujui)
– Ambil Paspor Baru

OK, kelihatannya cuma 3 langkah mudah, tapi jujur pada prakteknya memang butuh sedikit waktu dan usaha. Tapi mau tak mau harus dijalani, kan? Kuncinya cuma telaten dan sabar. Saya pribadi butuh waktu lebih kurang 3 minggu mulai dari bikin BAP hingga menerima paspor baru di tangan.

Begini ceritanya…

Membuat BAP di Kanim Penerbit

Disarankan mengganti paspor di Kanim yang menerbitkan paspor anda (alamat Kanim ada di sini). Berhubung paspor saya terakhir diurus via Mal Pelayanan Publik Jakarta, dimana penerbit paspornya adalah Kanim Jaksel, maka pembuatan BAP-nya dilakukan di Kanim Jaksel.

Langkah-langkah teknis pembuatan BAP sudah saya tulis pada tautan di bawah ini:

Silakan klik: Balada Paspor Rusak: Membuat BAP Janganlah Gentar

Membuat Paspor Baru (Jika BAP Disetujui)

Biasanya dalam kurun waktu 1 minggu setelah wawancara BAP, pemohon diharapkan datang kembali untuk mengambil berkas BAP. Bak pengumuman ujian akhir sekolah, cuma ada 1 peluang bagi Anda: lulus atau tidak.

Sebagai pengingat, harap membawa dokumen di bawah ini (asli & fotokopi A4) untuk keperluan pembuatan paspor baru (jika BAP Anda disetujui):
– KTP
– Akte Lahir
– Kartu Keluarga
– Ijazah Pendidikan terakhir
– Buku Nikah bagi yang sudah menikah
– Surat Keterangan Bekerja bagi pekerja tetap

Ambil berkas BAP di Customer Service

Sebaiknya datang sebelum pukul 10 pagi. Silakan langsung ke bagian Customer Service lantai 2 (dekat konter 14), petugas akan mencarikan arsip BAP anda. Jika BAP disetujui maka SELAMAT, Anda bisa langsung ke proses selanjutnya. Jika BAP ditolak/ditangguhkan, mungkin akan ada keterangan dalam lembar disposisi bahwa Anda harus kembali lagi dalam jangka waktu yang ditentukan. Silakan koordinasikan hal ini dengan petugas CS.

Hamdallah, BAP saya disetujui dengan pesan tertulis pada lembar disposisi:
Dapat diberikan paspor pengganti dengan catatan harus dijaga secara baik

ganti paspor rusak bap
Berkas BAP dengan nota persetujuan (salah fokus sama tulisan tangannya yang bagus)

Ambil nomor antrean di Check-In Counter

Selamat atas persetujuan BAP Anda. Proses selanjutnya tinggal serahkan berkas BAP pada petugas check-in yang akan mendata nomor arsip dan memberikan nomor antrean.

Duduk menunggu panggilan

Cek-ricek kelengkapan dokumen sekali lagi sambil memantau layar monitor apakah nomor antrean Anda sudah masuk panggilan. Ruang tunggu Kanim Jaksel lantai 2 ini juga dilengkapi dengan kantin mini yang menyediakan minuman dingin dan makanan ringan. Bahkan terdapat pula ruang khusus untuk ibu menyusui.

Jika dirasa masih cukup waktu, Anda bisa ke toilet dulu untuk touch up, atau ganti pakaian dengan warna gelap (ingat, jangan pakai atasan putih, ya!). Jika nomor antrean Anda sudah muncul, perhatikan pula pada konter nomor berapa Anda harus menghadap.

ganti paspor kanim jaksel
Ruang tunggu berpendingin udara dengan kantin mini dan ruang menyusui

Wawancara, foto, dan biometrik

Serahkan berkas Anda pada petugas sesuai nomor konter. Wawancara akan berlangsung sebentar ataupun lama (tergantung penampilan Anda dan mood petugas, hahaha!). Ingat, jika penampilan Anda meyakinkan biasanya petugas tak akan banyak tanya-tanya lagi. Paling cuma sekadar: “Kenapa paspornya bisa rusak/hilang?” yang sebenarnya sudah tercantum di BAP.

Petugas yang melayani saya (mas Chandra dan mas Saeful) kebetulan keduanya ramah dan tak banyak tanya. Selanjutnya mengambil foto close up dan memindai sidik jari sepuluh jari tangan. Oya, jangan lupa beri tahu petugas apakah Anda hendak membuat paspor biasa atau e-paspor.

Petugas lalu akan mencetak sehelai kertas rekomendasi untuk pembayaran paspor di bank dan pengambilan paspor jika sudah selesai nanti.

Bayar biaya pembuatan paspor

Sebaiknya menyegerakan pembayaran supaya paspor Anda bisa lekas diproses. Kebetulan di lantai dasar Kanim Imigrasi terdapat outlet mini BRI dimana kita bisa melakukan pembayaran di sana secara tunai. Biaya pembuatan e-paspor adalah sebesar Rp655.000

Teller bank akan men-staples bukti bayar dengan kertas rekomendasi untuk dibawa nanti pada saat pengambilan paspor. Ingat, jangan sampai hilang ya!

OK, sampai sini Anda bisa meninggalkan Kanim untuk kembali lagi dalam 7 hari kerja mendatang (khusus bagi pemohon e-paspor). Sedangkan kalau paspor biasa lazimnya butuh 3 hari kerja.

Ambil Paspor Baru

Tibalah hari yang dinantikan! Tinggal datang lagi ke Kanim Jaksel. langsung menuju check-in counter lantai 2, tunjukkan kertas rekomendasi beserta bukti bayar untuk ditukar dengan nomor antrean, lalu duduk sebentar sampai nomor Anda dipanggil. Serah terima paspor baru (paspor lama yang rusak pun dikembalikan untuk kita simpan), tanda tangan, selesai.

Selamat datang paspor baru!

Disgiovery yours!

ganti paspor kanim jaksel
Si hijau biru yang kece ini sudah di tangan! Jadi pergi kemana kita?
About the author

Travel Blogger
22 Responses
  1. Andy f

    Apakah dalam BAP tersebut..ada dikenakan denda mas?mohon pencerahannya..soalnya saya punya kasus yg sama dimana paspor saya digigit rayap tp hanya dibagian atas nya…terima kasih mas

    1. Sepengetahuan saya bea denda dikenakan akibat kelalaian, namun pada kasus saya (paspor dimakan rayap) dianggap musibah jadi tidak dikenakan biaya denda. Sebenarnya semua tergantung dari hasil wawancara BAP, dimana petugas Kanim yang akan menentukan apakah paspor rusak pelanggan dianggap kelalaian atau musibah.

      1. Frank

        Bisa kok. Sekarang gak harus sesuai tempat dimana paspor dibuat. Baru minggu lalu paspor rusak saya yang diterbitkan di Medan saya ganti di Kanim Jakpus. No worries. 🙂 Lancar-lancar aja.

  2. AyuZidane

    Kalau kasus BAP nya karena paspor gak diambil dlm jangka waktu 30 hari itu gimana mas.
    Apakah bisa langsung proses lagi??

  3. Nomino

    Kak, kalo misalnya bikin paspornya di kanim jember, sudah minta BAP, trus mau ganti e paspor, sedangkan adanya e paspor hanya di surabaya. Sdgkan Jember jauh dari sby. Kira kira gimana ya kak ??? Jadi kepinginnya buat paspor barunya di surabaya langsung e paspor

    1. Setahu saya berhubung paspor rusak/hilang harus diganti di kanim penerbit, maka mau tak mau kakak harus ganti paspor biasa dulu di kanum Jember. Nanti misalkan halaman paspor sudah penuh maka baru bisa ganti ke e-paspor di kanim Surabaya.

      Atau untuk lebih jelasnya coba tanyakan langsung ke petugas kanim Jember, siapa tahu mereka bisa kasih solusi untuk kasus ini. Selamat berjuang!

  4. Sazkia

    Hallo saya mau tanya paspor saya rusak gara gara di tarik petugas imigrasi arab waktu umroh , kalo paspor bikin nya di jakarta terus sekarang udah kerja di makasar . Sekalian mudik , mau bikin di semarang bisa ndak ya ?

    Tolong info nya yaa ^^ . Thankyou

    1. Kalau ganti paspor akibat rusak sepertinya harus di kanim penerbit paspor tsb, kak. Jadi misal paspornya diterbitkan di Jakarta, maka harus ganti di kanim yang sama. Atau mungkin bisa coba tanya2 pada petugas imigrasi di Semarang, siapa tau mereka punya solusi.

      Good luck!

  5. Suci

    Passport saya dan keluarga hilang di LN dan sudah buat keterangan hilang dari kepolisian negara tersebut. Untuk pengurusan BAP di imigrasi jaksel apakah saya perlu membawa anak2 yg passport nya hilang juga atau cukup saya dan suami yg ngurus?

    1. Turut prihatin atas kehilangan paspor Anda sekeluarga. Untuk pengurusan BAP sepertinya tak perlu membawa anak-anak jika masih balita (belum bisa berkomunikasi dengan baik), atau mungkin untuk kepastiannya bisa ditanyakan dahulu ke bagian CS kanim setempat dimana Anda hendak mengurus BAP.

  6. Dinda Dharia M

    Kak mau tanya kalo kena denda berarti total biaya pembuatan paspornya 500+350 ya? 850 gituu???? paspor ku luntur tapi ga parah karna waktu itu parfum ku tumpah. kena ujungnya doang. kira2 ada kategori tingkat kerusakan ga sih? harusnya kan ada😭

    1. Masalah denda atau sanksi yang dikenakan semuanya tergantung kebijakan petugas kanim ybs kak, semua tergantung dari hasil wawancara BAP. Selama bisa meyakinkan petugas bahwa kerusakan paspor kita akibat musibah dan bukan kelalaian, maka bisa jadi kita tak dikenakan denda apapun kecuali ganti paspor baru saja.

  7. Vina

    haloo kak, paspor saya rusak. kebetulan saya sudah ada jadwal untuk BAP di hari kamis mendatang. untuk hasil BAP sendiri dapat di infokan berapa hari krja ya kak setelah wawancara BAP?
    kebetulan paspor saya rusak di LN, dan saya harus segera mengantar orang tua saya operasi ke LN dalam waktu dekat karena mereka sedang sakit. jadi saya harus buru2.
    apakah sangat lama untuk proses BAP hingga paspor baru bisa di dapatkan kembali?

    1. Berdasarkan pengalaman saya butuh waktu seminggu setelah wawancara untuk mengetahui apakah permohonan ganti paspor kita dikabulkan atau tidak. Jika disetujui, maka bisa langsung proses buat paspor baru.

Leave a Reply