Balada Paspor Rusak: Ganti Paspor di Kanim Jaksel

PASPOR rusak atau hilang? Mau tak mau gantilah!

Secara garis besar, prosedur ganti paspor untuk kasus rusak/hilang adalah sbb:

– Membuat BAP di Kanim Penerbit
– Membuat Paspor Baru (Jika BAP Disetujui)
– Ambil Paspor Baru

OK, kelihatannya cuma 3 langkah mudah, tapi jujur pada prakteknya memang butuh sedikit waktu dan usaha. Tapi mau tak mau harus dijalani, kan? Kuncinya cuma telaten dan sabar. Saya pribadi butuh waktu lebih kurang 3 minggu mulai dari bikin BAP hingga menerima paspor baru di tangan.

Begini ceritanya…

Membuat BAP di Kanim Penerbit

Disarankan mengganti paspor di Kanim yang menerbitkan paspor anda (alamat Kanim ada di sini). Berhubung paspor saya terakhir diurus via Mal Pelayanan Publik Jakarta, dimana penerbit paspornya adalah Kanim Jaksel, maka pembuatan BAP-nya dilakukan di Kanim Jaksel.

Langkah-langkah teknis pembuatan BAP sudah saya tulis pada tautan di bawah ini:

Silakan klik: Balada Paspor Rusak: Membuat BAP Janganlah Gentar

Membuat Paspor Baru (Jika BAP Disetujui)

Biasanya dalam kurun waktu 1 minggu setelah wawancara BAP, pemohon diharapkan datang kembali untuk mengambil berkas BAP. Bak pengumuman ujian akhir sekolah, cuma ada 1 peluang bagi Anda: lulus atau tidak.

Sebagai pengingat, harap membawa dokumen di bawah ini (asli & fotokopi A4) untuk keperluan pembuatan paspor baru (jika BAP Anda disetujui):
– KTP
– Akte Lahir
– Kartu Keluarga
– Ijazah Pendidikan terakhir
– Buku Nikah bagi yang sudah menikah
– Surat Keterangan Bekerja bagi pekerja tetap

Ambil berkas BAP di Customer Service

Sebaiknya datang sebelum pukul 10 pagi. Silakan langsung ke bagian Customer Service lantai 2 (dekat konter 14), petugas akan mencarikan arsip BAP anda. Jika BAP disetujui maka SELAMAT, Anda bisa langsung ke proses selanjutnya. Jika BAP ditolak/ditangguhkan, mungkin akan ada keterangan dalam lembar disposisi bahwa Anda harus kembali lagi dalam jangka waktu yang ditentukan. Silakan koordinasikan hal ini dengan petugas CS.

Hamdallah, BAP saya disetujui dengan pesan tertulis pada lembar disposisi:
Dapat diberikan paspor pengganti dengan catatan harus dijaga secara baik

ganti paspor rusak bap
Berkas BAP dengan nota persetujuan (salah fokus sama tulisan tangannya yang bagus)

Ambil nomor antrean di Check-In Counter

Selamat atas persetujuan BAP Anda. Proses selanjutnya tinggal serahkan berkas BAP pada petugas check-in yang akan mendata nomor arsip dan memberikan nomor antrean.

Duduk menunggu panggilan

Cek-ricek kelengkapan dokumen sekali lagi sambil memantau layar monitor apakah nomor antrean Anda sudah masuk panggilan. Ruang tunggu Kanim Jaksel lantai 2 ini juga dilengkapi dengan kantin mini yang menyediakan minuman dingin dan makanan ringan. Bahkan terdapat pula ruang khusus untuk ibu menyusui.

Jika dirasa masih cukup waktu, Anda bisa ke toilet dulu untuk touch up, atau ganti pakaian dengan warna gelap (ingat, jangan pakai atasan putih, ya!). Jika nomor antrean Anda sudah muncul, perhatikan pula pada konter nomor berapa Anda harus menghadap.

ganti paspor kanim jaksel
Ruang tunggu berpendingin udara dengan kantin mini dan ruang menyusui

Wawancara, foto, dan biometrik

Serahkan berkas Anda pada petugas sesuai nomor konter. Wawancara akan berlangsung sebentar ataupun lama (tergantung penampilan Anda dan mood petugas, hahaha!). Ingat, jika penampilan Anda meyakinkan biasanya petugas tak akan banyak tanya-tanya lagi. Paling cuma sekadar: “Kenapa paspornya bisa rusak/hilang?” yang sebenarnya sudah tercantum di BAP.

Petugas yang melayani saya (mas Chandra dan mas Saeful) kebetulan keduanya ramah dan tak banyak tanya. Selanjutnya mengambil foto close up dan memindai sidik jari sepuluh jari tangan. Oya, jangan lupa beri tahu petugas apakah Anda hendak membuat paspor biasa atau e-paspor.

Petugas lalu akan mencetak sehelai kertas rekomendasi untuk pembayaran paspor di bank dan pengambilan paspor jika sudah selesai nanti.

Bayar biaya pembuatan paspor

Sebaiknya menyegerakan pembayaran supaya paspor Anda bisa lekas diproses. Kebetulan di lantai dasar Kanim Imigrasi terdapat outlet mini BRI dimana kita bisa melakukan pembayaran di sana secara tunai. Biaya pembuatan e-paspor adalah sebesar Rp655.000

Teller bank akan men-staples bukti bayar dengan kertas rekomendasi untuk dibawa nanti pada saat pengambilan paspor. Ingat, jangan sampai hilang ya!

OK, sampai sini Anda bisa meninggalkan Kanim untuk kembali lagi dalam 7 hari kerja mendatang (khusus bagi pemohon e-paspor). Sedangkan kalau paspor biasa lazimnya butuh 3 hari kerja.

Ambil Paspor Baru

Tibalah hari yang dinantikan! Tinggal datang lagi ke Kanim Jaksel. langsung menuju check-in counter lantai 2, tunjukkan kertas rekomendasi beserta bukti bayar untuk ditukar dengan nomor antrean, lalu duduk sebentar sampai nomor Anda dipanggil. Serah terima paspor baru (paspor lama yang rusak pun dikembalikan untuk kita simpan), tanda tangan, selesai.

Selamat datang paspor baru!

Disgiovery yours!

ganti paspor kanim jaksel
Si hijau biru yang kece ini sudah di tangan! Jadi pergi kemana kita?