Jelajah Destinasi Wisata NTT via Drone

DESTINASI WISATA NTT dalam perspektif aerial.

Kepulauan Sunda Kecil di ujung timur ini memang menawan tiada lawan. Tiap pulau punya destinasi menarik tersendiri. Beberapa bisa dibilang surga tersembunyi, nyaris tak tersentuh peradaban. Beberapa wilayah bahkan masuk zona hijau tak tersentuh pandemi. Semoga kekal adanya.

Berikut jelajah destinasi wisata NTT di 5 pulau seperti terekam via kamera drone. Enjoy NTT, the exotic wonderland!

wisata ntt bukit fatima
Taman Bukit Fatima di lereng gunung Ile Mandiri, Larantuka, Kab. Flores Timur

Pulau Semau, Kab. Kupang

Walau berlokasi dekat ibukota provinsi NTT, namun suasana di pulau ini sungguh berbeda. Ia cenderung jauh dari hingar bingar kota bahkan masih berkesan alami dan liar. Dan inilah yang dicari para pecinta petualangan alam bebas.

Tipikal pantai di pulau Semau ini hampir semua berpasir putih, dengan teluk-teluk kecil dan karang-karang. Beberapa pantai ada yang bisa direnangi, meskipun haruslah waspada akan arus kuat. Datangilah pantai Liman untuk sunset, dan bukit Liman untuk sunrise.

pantai uinian semau
Pantai Uinian, salah satu pantai favorit saya di pulau Semau, Kab. Kupang
pantai liman
Pantai Liman, tepat di pesisir barat pulau Semau, Kab. Kupang
pulau tabui
Pulau Tabui, pulau misteri tepat di seberang pantai Liman. Lihatlah pasir pantainya yang cemerlang itu. Sayang drone kami tak bisa memantau lebih dekat karena kendala sinyal.

Pulau Sabu, Kab. Sabu Raijua

Sebagai salah satu wilayah zona hijau, protokol kesehatan diterapkan dengan ketat bagi para pengunjung yang baru datang di pelabuhan Seba atau bandara Tardamu di pulau Sabu. Jangan kuatir, selama berada di sana kami tetap menerapkan prokes 3M.

But it’s all worth it. Sabu memang sebagus itu, atau tepatnya eksotis. Beberapa wilayah bagaikan berada di padang tandus atau planet merah, namun juga bisa mendadak turun hujan berina-rinai, lalu pergi secepat ia datang. Persis seperti kamu!

pantai napae pulau sabu
Pantai Napae, salah satu pantai ideal untuk menikmati sunset di pulau Sabu, Kab. Sabu Raijua
kampung adat namata
Kampung adat Namata, Kab. Sabu Raijua, dengan peninggalan batu-batu megalitikum
wisata ntt kelabba madja
Valley of the death, alias lembah Kelabba Madja. Jangan datang tengah hari bolong seperti kami, karena panasnya bak teaser neraka. Sebaiknya datang pagi supaya warna kehijauan dari bebatuan cadas ini tampak menonjol.

Pulau Rote, Kab. Rote Ndao

Wilayah paling selatan Indonesia yang berhadapan langsung dengan Australia. Karakteristik pulau ini hampir sama dengan Sabu, sama panas dan sama berkarang. Tiap teluk pulau Rote juga punya pantai memesona, termasuk yang paling fenomenal Mulut Seribu.

Sayang kami tak sempat menyeberang ke pulau Ndana sebagai pulau paling selatan NKRI dan dijaga langsung oleh militer.

wisata ntt mulut seribu rote
Mulut Seribu di penghujung utara pulau Rote, Kab. Rote Ndao
mulut seribu rote ndao
Perairan hijau toska khas Mulut Seribu, Kab. Rote Ndao
pantai oesosole rote
Pantai Oesosole ternyata pasirnya berwarna semi pink jika dilihat dari atas. Notice that heart shaped shadow?

Pulau Timor, spesial Kab. Belu & Kab. TTS

Perjalanan dari Kupang menuju Atambua di Kab. Belu adalah petualangan tersendiri karena menempuh jarak sekitar 277km melalui jalan berkelok-kelok dan supir yang ugal-ugalan. Namun semua dijalani demi Fulan Fehan, dataran tinggi yang mewujudkan imajinasi saya akan Middle Earth-nya The Lord of the Rings.

Dataran tinggi lain yang tak kalah memesona adalah Fatumnasi, Kab. TTS (Timor Tengah Selatan). Sebenarnya kami tak betul-betul sampai di Fatumnasi akibat perbaikan jalan saat itu, namun suasana di sekitar pun sungguh bikin berdecak kagum.

fulan fehan
Dataran tinggi Fulan Fehan, Kab. Belu, dengan Gunung Lakaan yang diyakini sebagai asal muasal manusia Belu
fulan fehan
Fulan Fehan, negeri di atas awan di dataran tinggi Kab. Belu
fatumnasi tts
Satu lagi negeri di atas awan di pulau Timor, tepatnya di Fatumnasi, Kab. TTS

Pulau Meko, Kab. Flores Timur

Kedatangan kami bersamaan dengan erupsi gunung Ile Lewotolok di pulau Lembata. Namun setelah dapat kepastian bahwa kondisi aman akhirnya kami dapat tenang berlayar menuju pulau Meko di sisi utara pulau Adonara, Kab. Flores Timur.

Pulau Meko adalah pasir timbul di laut Flores sepanjang kurang lebih 50 meter. Di dekatnya terdapat natural sea pool, spot snorkeling. hingga pulau bakau yang dihuni ribuan kelelawar. Perjalanan yang mengesankan karena berlatar megah gunung Ile Lewotolok dengan kepulan asap yang menjangkau cakrawala.

kolam renang laut
Tebak kami sedang berenang dimana? Ini di tengah laut Flores, lho!
pulau meko flores timur
Ini dia kolam renang alami di tengah laut, dekat pulau Meko, Kab. Flores Timur
wisata ntt pulau meko
Ini dia pasir timbul pulau Meko
wisata ntt pink beach
Dari jarak dekat pasir pulau Meko ini putih cemerlang dengan partikel merah. namun dari atas ternyata tampak semu merah jambu

Jadi bagaimana, wisata NTT memang luar biasa, kan?

Thanks so much to our beloved drone pilot, Yusak Natanael! Juga terima kasih sebesarnya kepada Ayo Jalan-Jalan, DPD Asita NTT, dan NTT Tourism Promotion Board atas terselenggaranya trip XplorNTT 2020 ini. See u next trip! 

 

Disgiovery yours!

 

larantuka flotim
Mangrove park Wai Platin, Larantuka, Kab. Flores Timur

 

About the author

Travel Blogger

Related Posts

2 Responses

Leave a Reply