A New Lifestyle: Beli Saham Online via Aplikasi IPOTGO

PANTAI pasir putih. Langit lapis lazuli, laut sebiru angkasa. Tubuh bugar dengan body fat 15% ini berbaring santai pada hammock di bawah keteduhan pokok nyiur. Sebelum jatuh terlelap, sejenak buka aplikasi iPOTGO & iPOTPAY di ponsel. Transaksi saham online dalam genggaman. Dividen sudah turun bikin tidur sambil senyum. Travel with lifestyle indeed.

Mimpi kamu!

Jangan salah, semua hal di atas bisa terwujud asal ada keuletan sekaligus kesabaran. Apalagi era digital kini sudah memengaruhi gaya hidup termasuk di antaranya melakukan hal-hal yang tadinya tak terpikir bakal bisa dilaksanakan dalam jaringan. Transaksi saham online? Tinggal buka aplikasi iPOTGO, kapanpun dimanapun. Dividen cair? Tinggal transfer ke bank manapun via iPOTPAY. Gratis. Atau dananya disimpan dalam sub-akun tersendiri untuk perencanaan anggaran traveling impian, bisa banget!

Oya, kalau mau body fat 15% tinggal giat olahraga dan diet yang tepat. Mudah, kan?
*sambil elus-elus perut tambun kesayangan*

online trading
My travelmate last year. Tiap waktu luang pasti dia buka laptop/ponsel dan tekun menyimak tabel saham real time. Now I begin to understand how exciting it can be 😀

Yuk, Nabung Saham

Pemikiran konvensional sebagian besar masyarakat kita biasanya hanya sebatas simpanan (saving) dalam bentuk dana atau logam mulia sahaja. Padahal pergerakan zaman dari saving society ke investing society sudah mulai bergulir, salah satu di antaranya adalah menabung saham.

Saham adalah surat berharga (berbentuk selembar kertas) yang menunjukkan bahwa pemilik surat atau kertas tsb adalah pemilik sebuah perusahaan. Berhubung sifatnya berharga, maka saham dapat diperjualbelikan. Membeli saham artinya membeli sebuah perusahaan (sebuah bisnis) dari berbagai macam sektor.

Dengan membeli saham berarti kita telah menginvestasikan dana pada perusahaan ybs. Setiap tahun akan ada perhitungan dividen berdasarkan neraca bisnis perusahaan tsb. Laba? Maka investor akan mendapat bagian dividen sebesar persentase kepemilikan saham (‘bonus tahunan’ ini bisa bernilai ratusan ribu hingga milyaran Rupiah, lho!). Rugi? Maka investor hanya mendapat dividen nol Rupiah. Investor juga dapat menjual kembali saham yang sudah dimiliki ke pasar modal, dengan kemungkinan mendapat keuntungan (gain) ataupun kerugian (loss) tergantung dari selisih harga beli dan jual saham tsb.

Oleh karena itu, sangat penting untuk cermat memilih saham perusahaan mana yang sekiranya selalu dapat menghasilkan laba per tahun, atau jeli membaca peluang kapan saham dijual supaya mendatangkan capital gain. Sampai di sini paham, ya?

investor saham online
Investor baru optimis berfoto di auditorium BEI, semoga antusias pula menabung saham ya kak!

Kenapa Investasi Saham

– pertambahan nilai investasi dalam jangka panjang, yang berarti pula pertambahan pendapatan bersih
– manusiawi dalam artian bisa dilakukan di waktu luang misal sambil ngopi atau bersantai
– bisa jadi warisan masa depan bagi anak cucu kita kelak

Penting bagi kaum Muslim, tak perlu kuatir berinvestasi saham di pasar modal Indonesia karena Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI) sudah mengeluarkan fatwa nomor 124/DSN-MUI/XI/2018 tentang penerapan prinsip syariah dalam pelaksanaan layanan jasa penyimpanan dan penyelesaian transaksi efek serta pengelolaan infrastruktur investasi terpadu. Saat ini saja sekitar 60% dari saham yang terdaftar sudah berlabelkan saham syariah.

Ada lagi yang bisa menambahkan?

Saya Tertarik tapi Bagaimana Memulainya?

Sebagian kalangan yang belum akrab dengan dunia finansial khususnya pasar modal pasti punya pertanyaan senada: bagaimana memulainya, apa yang harus dilakukan, berapa anggaran yang harus disiapkan, dll. Tahukah kamu, di zaman internet seperti ini segala sesuatu bisa dilakukan dalam jaringan (online) termasuk transaksi jual beli saham.

Langkah awal tentu mendaftarkan diri sebagai investor pada perusahaan sekuritas terbaik yang ada (salah satunya adalah IndoPremier). Tenang, semua proses ini bisa dilakukan online via ponsel di genggaman tangan pasangan kamu. Tinggal unduh aplikasi IPOTGO dan IPOTPAY, registrasikan dirimu dan dalam waktu kurang dari 24 jam–VOILA–Anda sudah terdaftar sebagai investor resmi di pasar modal Indonesia. Online trading & investing saham sudah ada dalam genggaman.

 

bursa efek indonesia
Tak sangka bisa menyambangi Bursa Efek Indonesia dan turut serta menjadi bagian di dalamnya sebagai investor

Minimum transaksi pembelian dan penjualan saham di Bursa Efek Indonesia adalah 1 lot.
1 lot = 100 lembar saham (dahulu 500 lembar, namun dikoreksi demi terbukanya pasar modal bagi semua kalangan) – Bursa Efek Indonesia

Berapa anggaran yang harus disiapkan? Relatif sesuai kemampuan (ingat, ini program menabung saham jadi diharapkan kontinuitas dalam periode tertentu misal tiap sebulan sekali membeli saham). Mulailah dengan nominal kecil misalkan Rp100.000 per bulan dimana minimum pembelian adalah 1 lot (tergantung nilai per lembar sahamnya). Atau bisa mencoba ‘paket hemat’ seperti ETF (Exchange Traded Fund yakni instrumen investasi bertipe reksadana). Harga 1 lot ETF berkisar antara Rp57.200 hingga Rp117.700 dimana saat ini sudah terdapat 28 ETF yang dapat ditransaksikan melalui Bursa Efek Indonesia.

Bayangkan, dengan modal seratus ribuan sudah bisa mulai beli saham. Murah, bukan?

reksa dana etf
Siapa tak tergiur dengan ‘paket hemat’ saham ala ETF ini coba 😉

Beli Saham Online dengan Aplikasi IPOTGO

Pertama tentu unduh aplikasinya dulu di tautan berikut ini:
IPOTGO, untuk melakukan transaksi saham, versi Android di Playstore & iOS di Appstore 
IPOTPAY, untuk mengelola transaksi dana, versi Android di Playstore & iOS di Appstore

Kedua lakukan registrasi online via salah satu aplikasi di atas. Ikuti instruksi yang tertera pada aplikasi. Siapkan saja e-KTP, NPWP, dan contoh tanda tangan di atas kertas sebagai persyaratan pendaftaran dalam jaringan.

Ketiga, apabila kamu sudah menerima surel notifikasi SID (Single Investor Identification alias nomor tunggal identitas investor pasar modal Indonesia), SRE (Sub-Rekening Efek untuk menyimpan portfolio saham), dan RDN (Rekening Dana Nasabah untuk penyelesaian transaksi saham) maka selamat! Tandanya kamu sudah resmi terdaftar sebagai investor di Bursa Efek Indonesia. Tinggal login aplikasi IPOTGO dan selamat bertransaksi saham online!

aplikasi ipotgo
Seperti ini penampakan aplikasi IPOTGO dimana terdapat menu saham hingga reksadana, harga saham real time yang sedang ada di bursa, dan beragam fitur online trading lainnya

Berikut adalah video panduan singkat penggunaan aplikasi IPOTGO dan tutorial pembelian saham online via aplikasi IPOTGO. Menarik dan informatif.

Pengunaan Aplikasi Trading IPOTGO

Tutorial Pembelian Saham Online via Aplikasi IPOTGO

Tips Memilih Saham

Sebenarnya ada banyak trik, namun berikut saya rangkum beberapa dari sumber terpercaya yakni pak Marco Poetra Kawet (Kepala Kantor Perwakilan DKI Jakarta-Bursa Efek Indonesia) dan pak Lo Kheng Hong (investor ritel yang memiliki aset saham bernilai Rp2,5 triliun). Panduan lainnya bertebaran di Google & YouTube, sila cari yang kau cari.

– Pilih perusahaan yang terus bertumbuh dalam jangka waktu panjang
Contoh sederhana, kita bangun tidur langsung cek ponsel (ada sinyal milik TLKM atau EXCL), lalu mandi (pakai produk UNVR), sarapan mie instan & susu UHT (INDF dan ULTJ), naik kendaraan (ASII) via jalan tol (JSMR) pakai tap-card (BMRI atau BBRI), dst. Bayangkan, selain sebagai konsumen sejati, kenapa tidak mulai tepikir menjadi pemilik saham perusahaan-perusahaan tadi? Bisnis mereka pasti masih berjalan lama dan terus berkembang karena produk-produknya dipakai sehari-hari oleh masyarakat Indonesia.

– Perhatikan masa depan bisnisnya, perhatikan pula periode 5-10 tahun ke belakang
Sebagai ilustrasi, saham BBCA (Bank Central Asia Tbk.) sebagai bank terbesar ketiga di Asia Tenggara tentu masih punya prospek bagus ke depannya. Bagaimana jika kita melihat mundur? BBCA mengalami peningkatan harga saham hingga 3.229% sejak pertama diluncurkan pada 2004. Dengan kata lain dalam memilih saham, lupakan masa lalu mantan, namun cermati masa lalu saham incaran! #okesip

– Perluas wawasan, nama yang tak populer kadang punya potensi kekuatan
Sebagai contoh adalah saham PTSN (Sat Nusapersada Tbk.) yang sebagian besar orang mungkin baru mendengar namanya. Padahal ia pemegang manufaktur produk Apple, Asus, hingga Samsung di Indonesia dan mulai melejit reputasinya sejak perang dagang Amerika-Cina. Btw, ini murni contoh, bukan endorsement 😉

indopremier
Terima kasih pada team IndoPremier & Ruphiah yang sudah memberikan kelas singkat ‘Maximize Your Rupiah’ di BEI Jakarta, 22 Juni 2019 kemarin. Now we know more about online trading & investing!

Bagaimana, mudah & murah untuk memulai investasi saham, bukan? Ingat selalu bahwa ada aplikasi IPOTGO & IPOTPAY yang siap membantu kamu bertransaksi saham online kapan saja dimana saja. Bisa transaksi sambil liburan, lho, sunguh gaya hidup yang seiring zaman. Salam saham!

About the author

Travel Blogger

Leave a Reply