The Real Predator

A sharp message indeed. [This image is anonymous. If you know who created this please let me know so I can put credit on it.]

Scroll this

524064_10151583058393103_242662340_n
A sharp message indeed! [This image is anonymous. If you know who created this one please let me know so I can put credit on it.]
Planet earth is under attack.

*
sampah dimana-mana

sampah di atas hingga sampah di dalam
terserak di atas mercusuar hingga terendap di dasar sungai
serpihan roket di orbit bumi hingga kaleng soda di lima ribu meter bawah laut

sampah darimana-mana

saya pernah lihat kulkas terapung di teluk Jakarta (darimanakah gerangan),
botol plastik air mineral yang dilempar dari jendela Alphard,
hingga kondom bekas pakai yang tersembul dari balik semak di sebuah pantai eksotis

sampah para pemangsa alam

*
The real predator is human being.

sampah yang tersisa dari air pasang di pulau Kayu Angin Bira, Kep. Seribu
sampah yang tersisa dari air pasang di pulau Kayu Angin Bira, Kep. Seribu
kami mengumpulkan hingga sekantong penuh sampah dari gardupandang mercusuar Anyer, Banten
tanpa direncanakan, kami mengumpulkan hingga sekantong penuh sampah dari gardupandang mercusuar Anyer, Banten
padahal di pintu masuk mercusuar ada tempat sampah besar! sungguh terlalu mereka yang buang sampah sembarangan!
padahal di pintu masuk mercusuar ada tempat sampah besar! sungguh terlalu mereka yang buang sampah sembarangan!
xCIMG9198
tempat sampah yang terdefinisi di pekarangan observatorium Bosscha, Bandung [note: teman saya di foto ini tidak mewakili sampah masyarakat! ;)]

36 Comments

  1. jadi inget pernah ntn sebuah klip di yutub, yang ada pulau di mana penghuninya cuma burung doang gitu… tau2 ketahuan kalo burung2nya banyak mati… pas dibedah di dalem perutnya ada sampah… hiks

  2. aku pikir itu ubur2 ternyata kantong plastik yah 🙁

    semua kembali pada kesadaran indivudual yah, walau udah ada tong sampah gede tetep ajah klu gak ada kesadaran masing2 sampah tetap berserakan dimana mana…

    • betul, mirisnya waktu di Anyer itu justru wisatawan muda-mudi (entah pelajar atau mahasiswa) yang malah seenaknya buang sampah :/

  3. manusia memang bahaya ya?
    di mana-mana sumber awal dari manusia (termasuk saya juga).
    Kalau di pantai, tempat sampahnya terjangkau gak? kebanyakan pada buang sembarangan karena malas bolak-balik dan tempat sampahnya jauh.

    • terkadang memang tempat sampahnya yang tak ada (jadi inget di airport CGK sempat ngantongin sampah karena gak ada tempat sampah sama sekali di area check in counter)

      • nah itu juga jadi kendala sih. ditambah lagi pemikiran orang-orang yang mau simpel aja. buang di mana aja.

  4. ditegor dong kalu yang buang sampah sembarangan..
    keren itu foto uburubur ternyata kresek.. ide sapa tuh ya?

  5. tong sampah di indonesia besar sekali soalnya kaka…
    alias dimana aja bisa buang sampah *lemparin sampah ke muka yg buang*

  6. dulu jaman SMA pernah ikut Indonesian science festival, dapat tema sampah untuk ngatasi sampah. tapi kayaknya cuma jadi wacana aja. sebenarnya harusnya dimulai dari diri sendiri dulu sih. *sigh*

  7. Di kita ini jadi masalah apa tabiat,ya? Terkadang melihat jiran-jiran yang gak kalah susah dengan warga kita, kok kotanya mereka bisa bersih-bersih.

    • mungkin udah pada taraf ga pedulian, ga toleran, contoh lain mengendarai motor aja sampe naik trotoar, apalagi cuma sekedar buang sampah bisa dimana aja :/

Submit a comment