8 Taman Pilihan di Changi Airport, Yang Mana Favoritmu?

Scroll this

CHANGI AIRPORT bukanlah nama asing bagi kaum pejalan khususnya dari Indonesia. Jujur, pasti sebagian besar melakukan cap paspor pertama kali di negeri singa ini (termasuk saya, hehehe).

Changi Airport juga bisa menjadi tempat singgah yang menyenangkan, baik bagi penumpang transit ataupun mereka yang meluangkan waktu khusus untuk menikmati segala fasilitas di sini. Jika baru tiba dengan pesawat maka kau tak perlu keluar imigrasi terlebih dahulu, melainkan bisa bebas berpindah transit area antar Terminal 1-2-3 dengan skytrain atau bisa juga berjalan kaki.

Sebagai pencinta nuansa alam, beruntung saya berkesempatan menjelajahi taman-taman yang berada di Changi Airport.  Tiap taman punya tema tersendiri, masing-masing menampilkan pesona berbeda. Beberapa bahkan dihiasi dengan dekorasi kontemporer ataupun sentuhan teknologi.

sculptural tree garden changi airport
Sculptural Tree Garden yang memadukan nuansa alami dengan eksterior kontemporer

Terminal 1 Transit Area Changi Airport

Cactus Garden

Demi apa saya tiba di Cactus Garden alias Taman Kaktus ini tepat di tengah hari bolong. Matahari sedang lucu-lucunya menyinari bumi. Bak koboi dengan tali laso di tangan, saya berjalan mengelilingi taman kaktus dengan kamera siap beraksi. Beberapa buruan istimewa tampak sudah menanti di antara sekitar 100 tanaman koleksi. Kabarnya terdapat kaktus jenis Cycads yang leluhurnya sudah eksis sejak zaman dinosaurus (sayangnya saya luput menemukan tanaman ini).

Terdapat pula prickly pear cactus (Opuntia spp) yang dapat dimakan mentah atau diolah menjadi permen, selai, hingga minuman keras. Bahkan saripatinya dapat digunakan untuk perawatan diabetes hingga penyembuh luka dalam. Penampakannya penuh duri tajam khas kaktus, siapa sangka ia punya manfaat berkhasiat. Oya, bagi yang perlu penyegaran sejenak, terdapat Cactus Pub di dalam taman yang menyajikan aneka fresh cocktail pilihan.

cactus garden changi airport
Perwujudan Cactus Garden yang menyerupai suasana di gurun tandus Amerika
cactus garden changi airport
Prickly pear cactus memang penuh onak duri namun siapa sangka ia punya khasiat tinggi

Sculptural Tree Garden

Walau dinamakan pohon patung, namun 3 buah sculptural tree ini terdiri atas kolase beragam tanaman hidup yang disusun tinggi menjulang bak pohon raksasa setinggi sekitar 10 meter. Terdapat jalur pejalan kaki yang mengelilingi pohon-pohon ini dari dasar hingga puncak. Banyak spot fotogenik di sini mulai dari patung-patung kuda kayu hingga sulur-sulur logam yang merambati angkasa dalam taman.

Jika ingin duduk-duduk santai di bawah keteduhan pohon patung ini sudah tersedia beberapa bean bag aneka warna untuk digunakan. Sayangnya saya datang pada saat siang hari, karena tampaknya taman ini bakal terlihat lebih romantis di petang hari saat tata cahaya mulai menyala dan langit masih menyisakan biru.

sculptural tree garden changi airport
Sulur-sulur baja yang malang melintang ini mungkin bakal menjadi media tanaman rambat sebenarnya
sculptural tree garden changi airport
Patung kuda menjadi salah satu ornamen di Sculptural Tree Garden yang berdesain kontemporer

Waterlily Garden

Taman Teratai ini seharusnya menjadi tempat yang menyenangkan, namun saya datang pada saat yang kurang tepat. Seusai jam makan siang, para perokok mengasingkan diri di taman ini, menjadikan saya satu-satunya makhluk asing non perokok yang mondar-mandir membawa kamera. Tapi jika datang pada saat yang tepat, saya yakin Taman Teratai ini bisa membawa suasana rileks berudara segar.

Bentukan atap dari taman ini mengadopsi bentuk daun teratai yang tumpang tindih. Tanaman yang berada di taman ini tumbuh sesuai habitatnya seperti di tepian kolam, setengah tenggelam dalam air, atau bahkan ada yang tumbuh mengapung. Beruntunglah kamu yang datang pada saat bunga teratai sedang mekar sepenuhnya.

waterlily garden changi airport
Waterlily Garden tampak fotogenik dengan bentukan atap yang menyerupai daun teratai
waterlily garden changi airport
Kutunggu mekarmu wahai teratai!

Terminal 2 Transit Area Changi Airport

Enchanted Garden

Taman dalam ruang yang satu ini terdiri atas empat buket bunga raksasa yang terbuat dari kaca sebagai atraksi utama. Di dalam masing-masing buket terdapat rangkaian bunga segar sebenarnya. Terdapat sensor gerakan dalam taman yang akan memunculkan suara-suara alam seperti kicau burung dan gemercik air. Taman yang rimbun ini juga dilengkapi dengan keberadaan sebuah kolam ikan.

Dalam kolam terdapat ikan koi dan ikan pemanah (yang terakhir ini akan menyemprotkan air ke arah serangga sebagai mangsa). Pengunjung dapat menyaksikan feeding time ikan-ikan koi ini pada pukul 8:30 dan 15:30 setiap harinya. Saya malah penasaran ingin menyaksikan aksi ikan pemanah, sayangnya mereka tampak sudah kenyang dan bersembunyi ‘bobok siang’ saat itu.

enchanted garden changi airport
Buket bunga raksasa dengan aneka bunga segar menjadi atraksi utama Enchanted Garden
enchanted garden changi airport
Kolam ikan menambah suasana menenangkan, percayalah!

Orchid Garden

Taman Anggrek yang ini bukanlah mall melainkan sebuah taman indoor sebenarnya. Ia terdiri atas 700 anggrek dari 30 grup species berbeda berdasarkan warna dan bentuk. Secara garis besar anggrek yang berada di taman ini mewakili 4 elemen alam: bumi, air, api, dan udara. Anggrek putih mewakili udara, sementara anggrek cokelat dan hijau mewakili bumi. Rangkaian bunga yang menyerupai lilin raksasa adalah perwakilan api, sementara anggrek ungu dan biru mewakili unsur air.

Tampaknya Orchid Garden ini punya factor zen yang kuat, terbukti banyak pengunjung datang sekadar untuk duduk relaksasi, mengamati ikan-ikan koi yang berenang di kolam, atau bekerja buka laptop. Salah satu atraksi di sini adalah sudut-sudut fotogenik untuk berfoto, dan sebuah bonggol kayu raksasa yang bentukannya konon menyerupai wajah-wajah manusia. Lumayan untuk menguji imajinasi.

orchid garden changi airport
Salah satu sisi Orchid Garden dengan rangkaian anggrek yang ditata mengelilingi kolam ikan
orchid garden changi airport
Anggrek ungu perlambang unsur air, cocok ditempatkan di sisi kolam

Sunflower Garden

Rasanya belum pernah saya melihat paduan warna kuning bunga dan biru langit yang indah seperti di Taman Bunga Matahari ini. Terdapat sekitar 500 kuntum bunga matahari yang semuanya tumbuh dari pembibitan di Changi Airport sendiri. Tiap tanaman butuh sekitar 60-90 hari untuk tumbuh dan mekar sepenuhnya. Saya paling betah berlama-lama di taman atas atap ini. Apalagi posisi taman terpisah dengan smoking area sehingga tak mengganggu non perokok.

Tahukah kamu bahwa bunga matahari sebenarnya bukan bunga tunggal, melainkan gabungan dari lebih 3.000 bunga mini yang masing-masing disebut capitulum. Menarik bukan? Ini mirip dengan bunga bangkai (Amorphophallus titanum) yang merupakan bunga majemuk karena terdiri dari ribuan bunga kecil yang tumbuh pada bagian yang sama. Alam raya sungguh luar biasa.

sunflower garden changi airport
Deretan bunga matahari ini terdiri atas dua lajur, kala berjalan di antara keduanya serasa berada di lautan bunga
sunflower garden changi airport
Jadi penasaran hendak mengintip lebih dekat ribuan bunga mini yang membentuk bunga matahari ini

Terminal 3 Transit Area Changi Airport

Butterfly Garden

Taman Kupu-Kupu ini terdiri atas dua level, sebuah gua air terjun setinggi 6 meter, dan tentunya lebih dari 1.000 ekor kupu-kupu dari 30-40 species yang berterbangan di sekitar. Jangan kuatir, tak ada ulat sama sekali di dedaunan, karena petugas paham betul pengunjung datang untuk relaksasi sambil melihat parade kupu-kupu. Tapi bagi yang penasaran, terdapat tabung kaca yang menampilkan deretan kepompong siap tetas.

Terdapat juga beberapa meja display berisi potongan besar buah nenas dan rangkaian bunga gerbera beroles madu sebagai sumber makanan kupu-kupu. Nenas disukai kupu-kupu hutan yang berwarna lebih gelap, sementara bunga gerbera digemari kupu-kupu pemakan nectar yang biasanya bersayap warna-warni cerah. Beberapa kupu-kupu tampak jinak dan hinggap di kepala atau baju pengunjung. Sayangnya tak ada yang berani menghampiri saya.

butterfly garden changi airport
Butterfly Garden dari level atas, jika teliti terdapat banyak kupu-kupu hinggap di dedaunan
butterfly garden changi airport
Seekor kupu-kupu hinggap di rangkaian bunga gerbera beroles madu sebagai sumber makanan

Crystal Garden

Crystal Garden ialah perpaduan taman botani dan teknologi. Terletak di Central Piazza Terminal 3 (seberang konter imigrasi keberangkatan) keberadaannya semakin menambah daya tarik. Sederhananya, ini adalah taman dengan bola-bola kristal berpendar. Terdiri atas 12 bola, masing-masing tersusun atas susunan bunga dandelion yang terbuat dari kaca. Tiap bunga kaca akan memancarkan cahaya berpendar melalui chip LED, menciptakan ilusi bagai bola kristal yang melayang di atas air. Di antara bola-bola kristal ini terhampar bunga-bunga asli yang menambah kecantikan Taman Kristal.

Bebungaan segar yang tersebar di Taman Kristal ini tampaknya selalu diganti tiap jangka waktu tertentu. Sebelum datang ke Changi saya melihat (via internet) Taman Kristal ini dihiasi bunga-bunga warna merah. Tapi ketika saya berkunjung ke Changi ternyata bunga-bunga merah ini sudah digantikan dengan bunga-bunga merah muda dan hijau muda (jujur saya lebih suka versi merah karena yang terbaru ini tampak sedikit kusam). Kita lihat saja semoga periode berikutnya bunga-bunga yang ditampilkan berwarna lebih cerah.

crystal garden changi airport
Bola-bola kristal yang berpendar memberi kesan mewah dan elegan pada taman ini
crystal garden changi airport
Tiap bola kristal walau berbeda ukuran dan letak namun tetap harmoni dalam memancarkan pendar cahaya

Terminal 4 Public Area Changi Airport

The Birds / Les Oiseaux

Anggap saja ini bonus. Belum lengkap keberadaan taman-taman tanpa kehadiran burung-burung. Jika Terminal 1-2-3 dipenuhi taman-taman, maka di Terminal 4-lah kita bisa mendapati burung-burung. Tentu bukan hewan sebenarnya, melainkan instalasi seni dari kawat baja yang memukau mata & rasa.

Tiga burung ini menyimbolkan hubungan antara langit dan bumi, impian dan kenyataan, dan perlambang puitis akan hidup keseharian. Cukup mudah menemukan instalasi burung-burung ini karena terletak tepat di area keberangkatan Terminal 4. Jika murni ingin mengambil gambar, sebaiknya datang pada saat senja supaya burung-burung berwarna keemasan ini tampak menonjol.

the birds changi airport
The Birds (Les Oiseaux) ini menjadi atraksi utama public area Terminal 4 hasil karya seniman Cedric Le Borgne
the birds changi airport
Pada siang hari burung-burung ini tampak transparan, namun pada malam hari baru muncul cahaya keemasannya

Dari delapan taman di atas, yang mana jadi favoritmu? Saya paling suka Sunflower Garden, lebih karena unsur visual kuning dan biru cerah yang membuat hati gembira. Selain kedelapan taman di atas, sebenarnya masih banyak lagi yang bisa dilakukan di Changi Airport GRATIS! Satu-satunya tiket masuk hanyalah boarding pass pesawat saja.

Oya, kamu punya pengalaman menarik di Changi Airport? Jangan lupa berbagi kisahnya dan mendapat peluang memenangkan sepasang tiket pulang pergi Jakarta-Korea (via Singapura) di tautan berikut: bit.ly/changidihati-tg

#ChangiDiHati always!

 

Disgiovery yours!

12 Comments

Submit a comment