Saung Kiray | The Power Of Sangu Tutug Oncom

Saung Kiray 00
disgiovery.id | SANGU tutug oncom adalah salah satu masakan khas Sunda, Jawa Barat. Sangu tutug sendiri adalah nasi hangat yang ditutug atau ditumbuk bersama oncom bakar dan bumbu rempah (kencur, bawang merah, terasi, garam) di dalam sebuah dulang kayu.  Oncom yang lazim digunakan adalah oncom hitam yang terbuat dari bungkil kacang tanah.

Saung Kiray di jalan Bina Marga, Bogor, menyajikan sangu tutug oncom sebagai menu utama. Di tempat inilah kali pertama saya mencicipi hidangan tsb dan langsung doyan tanpa tedeng aling-aling. Kemudian setelah dipikir-pikir dan diingat-ingat lagi, ternyata moment itu terjadi hampir 5 tahun silam. My God, time flies!

Akhirnya, the power of sangu tutug oncom membuat saya bertandang kembali ke Saung Kiray bulan lalu. Rumah makan ini masihlah asri dan teduh di bawah rimbun pepohonan, dan didominasi unsur kayu, bambu, dan kiray (daun kering). Pengunjung dapat duduk di beberapa saung/pondok mungil di halaman depan atau di dalam bangunan utama.

Saung Kiray 01 Saung Kiray 02

Menu andalan Saung Kiray ini terbagi atas tiga paket: goreng jambal roti, goreng ayam bumbu kuning, dan empal kiray. Selain itu nasi tutugnya sendiri punya tiga varian rasa: Pasundan (original), ikan asin, dan opak pedas. Silakan bingung memilih, namun favorit saya adalah paket ayam goreng dan rasa Pasundan. Karena apa? Karena saya suka ayam goreng, dan saya suka yang original (dan ini bisa jadi petunjuk penting menu apakah yang saya pesan jika datang ke kedai ayamnya Kolonel Sanders).

Paket yang saya pesan kemudian datang, terdiri atas:
sangu tutug oncom sprinkled with crispy savory fried flour
– traditional fried chicken (braised in a broth of spices then fried before serving)
– fried tempeh and tofu
– fried salted fish
lalap (slices of fresh tomato and cucumber)
sambal (spicy chili paste)

Saung Kiray 03

Saya paling suka nasi tutugnya karena ada aroma oncom bakar dan rasa kencur yang kuat tapi juga tidak mendominasi. Cikurna karaos pisan, euy! Goreng ayam, tempe, dan tahu terasa garing dan gurih meresap. Goreng ikan asin tidak saya habiskan karena keras dan dingin. Lalapnya segar. Sambalnya saya hibahkan ke teman (karena perut saya sensitif pedas).

Minuman pendamping saya pilih es kopyor. Sungguh segar dan nikmat, meski kopyor yang digunakan adalah buatan dan bukan dari kelapa asli. Yang menolong adalah gurih kopyor berpadu dengan manis cocopandan dan dingin es batu.

Saung Kiray juga menyediakan menu lain seperti nasi goreng, sop iga, sate Maranggi, dll. Lain kali akan saya coba.

Saung Kiray 4
The memory of sangu tutug oncom and class of 2009 😉

Saung Kiray

Jl. Binamarga No. 13, Bogor 16143
Telpon: 0251 8323 392
Jam buka: Setiap hari pukul 11.00 – 17.00 WIB
Kisaran harga: Rp. 1.000 – Rp. 35.000 (per Nov 2013)

[mappress mapid=”1″]