Laksamana Mengamuk di Anugerah Pesona Indonesia 2017

Scroll this

SABTU sore 25 November 2017, Grand Studio Metro TV yang dingin dan para blogger yang hangat. Senang bisa berkumpul bersama untuk menyaksikan langsung acara penghargaan Anugerah Pesona Indonesia 2017. Tanpa diduga bisa berjumpa teman-teman tak hanya dari Jabotabek saja, tapi juga ada yang dari Bandung, Bandar Lampung, Bengkulu, Makassar, Sumbawa, hingga Banda Aceh. Beberapa wajah baru juga turut hadir meramaikan.

api awards 2017 bloggers
[pic courtesy of mbak Evi Indrawanto]

Sekilas Anugerah Pesona Indonesia 2017

Ialah penghargaan tahunan (dihelat pertama kali pada 2016 dengan provinsi NTT sebagai juara umum) yang diberikan kepada pemerintah daerah sebagai salah satu tolak ukur keberhasilan pengembangan dan promosi pariwisata. Keunikan penghargaan Anugerah Pesona Indonesia (API Awards) adalah setiap kabupaten/kotamadya di seluruh Indonesia diberi keleluasaan untuk memilih sendiri atraksi/destinasi mana yang hendak dimasukkan ke nominasi penghargaan sesuai kategori. It’s simply because locals know best.

Pemilihan atraksi/destinasi oleh masing-masing daerah tsb membuat nama-nama nominasi yang muncul pun sebagian besar masih terasa asing khususnya bagi para pejalan kebanyakan. Padahal bisa saja atraksi/destinasi tsb memang sudah lama populer di daerah asal (misalnya Pulau Nikoi di Kepri), atau ada pula beberapa yang masih baru namun masih minim publikasi.

Pemenang sendiri ditentukan berdasarkan hasil voting via web/sms. Tahun 2017 ini telah berhasil masuk 213.820 total suara, atau 4 kali lipat dibanding suara yang masuk tahun lalu. Banyak daerah yang sudah memahami pentingnya promosi pariwisata melalui ajang tahunan ini, sekaligus menambah prestise.

Jika kamu masih butuh penjelasan lebih lanjut, sila buka laman resmi anugerahpesonaindonesia.com

You’re welcome.

anugerah pesona indonesia metro tv

anugerah pesona indonesia piala
Seperti ini penampakan piala Anugerah Pesona Indonesia [pic courtesy of kang Ridwan Kamil]

Malam Penghargaan Bersama Ibu-Ibu Berisik

Kembali ke studio. Lagu Indonesia Raya jadi pembuka. Lalu kedua host Metro TV (Hamdan Alkafie dan Marializia Hasni) yang tampak rupawan dalam busana etnik Melayu memasuki pentas dan memulai acara. Kata sambutan dari bapak Nanda Satria Azwar (Ketua Penyelenggara API 2017) dan bapak Ukus Kuswara (Sekjen Kemenpar RI) berlangsung singkat saja dan tanpa basa basi.

Kedua host kemudian langsung membacakan daftar nominasi, sekaligus mengumumkan nama pemenangnya. Acara yang dihibur oleh nyanyian Kamasean dan Daniel Christianto dan diiringi Irvan Band ini juga menampilkan tari-tarian daerah kontemporer. Pada saat rehat sejenak para blogger langsung sibuk dengan gawai masing-masing untuk menyiarkan acara ini ke media sosial melalui tagar #APIawards2017 #LiveAPI2017 dan #AnugerahPesonaIndonesia.

Silakan scroll ke bagian akhir untuk melihat video singkat API Awards 2017

Duduk di hadapan kami adalah beberapa orang ibu yang kompak mengenakan busana Melayu hijau. Tiap ada daftar nominasi yang dibacakan pasti mereka bertepuk tangan riuh, dan jika nama provinsi Riau ternyata jadi pemenang pasti semuanya berdiri sambil bersorak sorai. Mereka berisik memang, tapi dalam artian positif. Sungguh senang melihat antusiasme ibu-ibu yang ternyata perwakilan Dispar Riau ini. Kami jadi ikut-ikutan riuh tertular semangat mereka.

api awards 2017 host metro tv
Duo host Metro TV membuka acara sekaligus membacakan nominasi dan pemenang.
anugerah pesona indonesia 2017
Riau menang banyak! Tampak Bpk. Arsyadjuliandi Rachman (Gubernur Riau) sedang menerima penghargaan didampingi Bpk. Nanda Satria Azwar (Ketua Penyelenggara API 2017) dan Bpk. Ukus Kuswara (Sekjen Kemenpar RI).
api awards 2017 dispar riau
Ibu-ibu Dispar Riau yang ‘berisik’ namun ramah.

anugerah pesona indonesia bloggers

Laksamana Mengamuk Bakar Tongkang

Bukan, ini bukan judul berita click bait, tapi ‘laksamana mengamuk’ dan ‘bakar tongkang’ adalah dua pemenang dari banyak penghargaan yang diraih provinsi Riau pada malam penghargaan Anugerah Pesona Indonesia 2017 (masih ada ‘bolu berendam’, ‘pacu jalur’, dll). Mendengar namanya saja sudah bikin rahang menganga, gerangan apa tak salah dengar?

Kepada ibu-ibu Dispar Riau yang duduk di depan kamilah tempat bertanya.

“Ibu, laksamana mengamuk itu apa?”

Jadi laksamana mengamuk adalah semacam hidangan dessert dari buah mangga kweni yang dicacah, dicampur santan kental, daging kelapa muda, selasih, dan es batu. Terbayang segar! Kusuka mangga kweni terutama buat pembuka puasa Ramadhan.

spiritriau
Inilah laksamana mengamuk yang ternyata tampak manis dan segar! [pic source: spiritriau.com]
Tak diduga tak dinyana, ibu-ibu Dispar Riau kemudian bilang jika mereka masih menyediakan hidangan laksamana mengamuk di aula grand studio Metro TV. “Silakan kalian cicip nanti seusai acara.”

“MAU!” tanggap kami tanpa malu.

Mereka juga mengajak kami untuk berkunjung ke Riau. “Kami ada Raja Ampat baru, lho!” promosi salah seorang dari mereka.

Apa daya usai acara kami masih harus berburu konten sehingga tak sempat menyambangi kontingen Riau di aula. Ibu-ibu Dispar Riau yang ramah itu pun sudah tak kelihatan, mungkin sedang merayakan kemenangan dengan bapak gubernur Riau yang turut hadir. Atau barangkali mereka sedang selebrasi dengan bakar tongkang 😉

Seperti inilah ritual bakar tongkang di Riau untuk memperingati kehadiran masyarakat Tionghoa ke tanah Bagansiapiapi pada tahun 1820 [pic source: thejakartapost.com]

Daftar Pemenang Anugerah Pesona Indonesia 2017

Selamat kepada provinsi Riau yang sudah menjadi ‘laksamana mengamuk’ dengan menyabet gelar juara umum Anugerah Pesona Indonesia 2017 dan meraih 7 penghargaan sekaligus. Dari rombongan kontingen Riau yang hadir malam itu kami bisa melihat pentingnya kekompakan dan kerjasama. Maka rapatkanlah barisan, kawula muda! Provinsi lain yang menyabet beberapa penghargaan antara lain Yogyakarta, Jambi, dan Kalimantan Timur. Daftar selengkapnya ada di bawah.

api awards 2017 bloggers
Kawula blogger merapatkan barisan dengan souvenir etnik dari goodie bag yang dibagikan panitia.

Sekarang mari berhitung dari daftar di bawah ini ada berapa atraksi/destinasi yang sudah kamu ketahui/kunjungi?

anugerah pesona indonesia pemenang
Saya tahu Situs Gunung Padang, Pulau Tomia, Kepulauan Banda, dan Bono (meski semuanya masih dalam bucket list). Oh, tapi saya sudah pernah cicip enbal, makanan khas di Kepulauan Kei yang terbuat dari singkong beracun sianida (ulasan tentang enbal menyusul ya ;)). Selebihnya baru dengar namanya.
anugerah pesona indonesia pemenang
Saya tahu Kalibiru, Taman Breksi, Kete Kesu (bucket list nih!), dan Kampung Wisata Mangunan. Saya tahu tapi belum pernah cicip Jeniper, Lusi, ataupun Talua (ini kok seperti nama-nama gadis belia). Saya sudah pernah ke Pasar Beringharjo (beberapa kali) dan Gua Jomblang (tapi tak jadi masuk karena keburu out of budget, hahaha!). Selebihnya baru dengar namanya.
anugerah pesona indonesia pemenang
Sangkulirang Rock Arts langsung masuk bucket list! Dan Riau, jika selama ini ia jauh dari radar karena kalah pamor dari sang adik Kepri, kini bikin saya tertarik untuk berkunjung ke sana.

Kesimpulan, saya cuma tahu sekitar seperempat atraksi/destinasi dari daftar keseluruhan pemenang Anugerah Pesona Indonesia 2017. Itu pun tidak semuanya pernah saya kunjungi/rasakan sendiri. Ternyata jalan masih panjang, Kawan! Semoga kelak saya bisa memenuhi beberapa bucket list di atas, sebelum daftarnya bertambah lagi dari daftar pemenang API Awards tahun depan, hahaha! Indonesia memang penuh pesona!

Disgiovery yours!

Submit a comment