Cara Mudah Mendapatkan Antrian Paspor Online [UPDATED]

ANTRIAN PASPOR sempat bikin saya geleng kepala. Apa pasal? Karena penulisan yang benar adalah ‘antrean’ bukan ‘antrian’. Ah, tapi berhubung sudah terlanjur jadi trademark maka biarlah demikian adanya. Setidaknya Anda tahu kini mana ejaan yang sesuai PUEBI 😉

Oya, artikel tentang antrean paspor ini dibuat berdasarkan pengalaman saya pribadi pada saat penggantian paspor bulan Mei 2018. Sebelumnya telah banyak keluhan mengenai susahnya mendapat jadwal antrean karena selalu fully booked. Teman saya di Bandung akhirnya baru dapat jatah antrean paspor di Karawang, sementara teman saya di Serang malah mendapat jatah antrean paspor di Sukabumi. Sudah mirip rute bus AKAP belum, hahaha!

Padahal jika tahu strateginya maka Anda takkan menemui kendala. Saya akan memberi contoh langkah demi langkah berdasarkan aplikasi Antrian Paspor di Android. Secara garis besar tata caranya sama persis dengan di website resmi https://antrian.imigrasi.go.id/

UPDATE:

Beberapa Kanim ternyata melayani antrean paspor via aplikasi WhatsApp, seperti Kanim Jakarta Pusat, Tangerang, Bogor, Batam, Cirebon, Kediri, dan Samarinda. Cara pendaftarannya ada di bagian paling bawah artikel ini.

Mari kita mulai!

Langkah 1. Pantau Akun Twitter @ditjen_imigrasi

PENTING, supaya Anda tahu kapan saja Ditjen Imigrasi membuka kuota baru, termasuk periode tanggalnya. Biasanya mereka membuat pengumuman setiap hari Minggu pukul 5 sore. Bagi pemilik akun Twitter tak ada salahnya follow akun @ditjen_imigrasi supaya tak ketinggalan kabar terkini. Usahakan mengambil antrean sesegera mungkin setelah pengumuman kuota dari @ditjen_imigrasi keluar.

daftar antrian paspor twitter

Langkah 2. Install Aplikasi Antrian Paspor

Sambil menunggu pembukaan kuota antrean paspor oleh Ditjen Imigrasi, Anda juga dapat melakukan Langkah 2 s/d 5  di bawah ini secara paralel. Buka Google Play Store di Android lalu cari aplikasi Antrian Paspor. Install.

daftar antrian paspor

Langkah 3. Buat Akun Baru

Pendaftar baru akan diminta memasukkan user name baru beserta password. Selanjutnya Anda akan diminta menunggu email verifikasi/pengesahan. Jika dalam 1×24 jam tak ada email yang dimaksud, coba cek folder spam Anda.

Dalam kasus saya, malah sama sekali tak ada email verifikasi yang dimaksud. Tapi saya nekat langsung ke Langkah 4 saja dan syukurlah berhasil.

daftar antrian paspor

Langkah 4. Isi Data

Setelah berhasil login, selanjutnya masukkan data Anda seperti:
– Nomor Induk Kependudukan (NIK) alias nomor e-KTP
– Alamat email
– Nomor telepon
– Alamat rumah

daftar antrian paspor

Langkah 5. Tentukan Kantor Imigrasi

Sebagai pemegang e-KTP, Anda berhak memilih kantor imigrasi dimanapun di seluruh Nusantara dari Sabang sampai Merauke. Tapi supaya tak buang ongkos dan waktu sebaiknya pilih yang dekat dengan domisili. Saya memilih Mal Pelayanan Publik (MPP) Jakarta Selatan karena ternyata Kanim Bogor belum ada dalam daftar. Hiks. Tapi tak apa, saya juga ingin merasakan bagaimana layanan ganti paspor di MPP Jaksel yang kabarnya cepat dan nyaman tsb.

daftar antrian paspor

Catatan:

Mal Pelayanan Publik (MPP) Jakarta Selatan hanya melayani proses penggantian paspor, bukan pembuatan paspor baru. Syarat lainnya adalah data-data Anda tidak mengalami perubahan dengan paspor lama. Demikian supaya dicamkan baik-baik.

Langkah 6. Pilih Jadwal

Langkah 6.1. Masukkan tanggal
Jika masih ada slot kosong langsung ke langkah berikutnya. Jika tidak, ulangi.

Langkah 6.2. Masukkan waktu
Silakan pilih pagi atau siang. Jika berhasil maka akan muncul tulisan Kuota Tersedia. Jika tidak, ulangi.

Langkah 6.3. Masukkan jumlah pemohon
Tiap aplikan bisa mendaftarkan hingga 4 orang (CMIIW). Hal ini berguna jika Anda hendak mengganti paspor bersama keluarga misalnya, terutama orang tua atau kerabat yang mungkin belum familiar memakai aplikasi Android. Selanjutnya masukkan data-data pemohon yang dimaksud.

daftar antrian paspor

Langkah 7. Simpan QR Code Anda

Jika proses di atas berhasil, sistem akan mengeluarkan QR code yang wajib Anda tunjukkan kepada petugas imigrasi pada saat penggantian paspor. Supaya memudahkan, screenshoot saja QR code tsb dan taruh di folder yang mudah Anda temukan.

daftar antrian paspor

QR Code sudah di tangan, langkah selanjutnya tinggal mempersiapkan dokumen dan berangkat ke kantor imigrasi sesuai tanggal pilihan Anda. Proses selanjutnya sudah saya tulis di artikel berikut: Pengalaman Ganti Paspor di Mal Pelayanan Publik Jakarta. 

Selamat membaca! 🙂

 

Disgiovery yours! 

 

UPDATE

whatsapp imigrasi
Cara mendaftar antrean paspor via aplikasi Whatsapp (klik untuk memperbesar gambar)
4 Responses

Leave a Reply