Cara Mudah Mendapatkan Antrian Paspor Online [UPDATED]

ANTRIAN PASPOR sempat bikin saya geleng kepala. Apa pasal? Karena penulisan yang benar adalah ‘antrean’ bukan ‘antrian’. Ah, tapi berhubung sudah terlanjur jadi trademark maka biarlah demikian adanya. Setidaknya Anda tahu kini mana ejaan yang sesuai PUEBI πŸ˜‰

Oya, artikel tentang antrean paspor ini dibuat berdasarkan pengalaman saya pribadi pada saat penggantian paspor bulan Mei 2018. Sebelumnya telah banyak keluhan mengenai susahnya mendapat jadwal antrean karena selalu fully booked. Teman saya di Bandung akhirnya baru dapat jatah antrean paspor di Karawang, sementara teman saya di Serang malah mendapat jatah antrean paspor di Sukabumi. Sudah mirip rute bus AKAP belum, hahaha!

Padahal jika tahu strateginya maka Anda takkan menemui kendala. Saya akan memberi contoh langkah demi langkah berdasarkan aplikasi Antrian Paspor di Android. Secara garis besar tata caranya sama persis dengan di website resmiΒ https://antrian.imigrasi.go.id/

UPDATE:

Beberapa Kanim ternyata melayani antrean paspor via aplikasi WhatsApp, seperti Kanim Jakarta Pusat, Tangerang, Bogor, Batam, Cirebon, Kediri, dan Samarinda. Cara pendaftarannya ada di bagian paling bawah artikel ini.

Mari kita mulai!

Langkah 1. Pantau Akun Twitter @ditjen_imigrasi

PENTING, supaya Anda tahu kapan saja Ditjen Imigrasi membuka kuota baru, termasuk periode tanggalnya. Biasanya mereka membuat pengumuman tsbΒ setiap hari Minggu pukul 5 sore. Bagi pemilik akun Twitter tak ada salahnya follow akun @ditjen_imigrasi supaya tak ketinggalan kabar terkini. Usahakan mengambil antrean sesegera mungkin setelah pengumuman kuota dari @ditjen_imigrasi keluar. Siapa cepat dia dapat!

daftar antrian paspor twitter

Langkah 2. Install Aplikasi Antrian Paspor

Sambil menunggu pembukaan kuota antrean paspor oleh Ditjen Imigrasi, Anda juga dapat melakukan Langkah 2 s/d 5Β  di bawah ini secara paralel. Buka Google Play Store di Android lalu cari aplikasi Antrian Paspor. Install.

daftar antrian paspor

Langkah 3. Buat Akun Baru

Pendaftar baru akan diminta memasukkan user name baru beserta password. Selanjutnya Anda akan diminta menunggu email verifikasi/pengesahan. Jika dalam 1×24 jam tak ada email yang dimaksud, coba cek folder spam Anda.

Dalam kasus saya, malah sama sekali tak ada email verifikasi yang dimaksud. Tapi saya nekat langsung ke Langkah 4 saja dan syukurlah berhasil.

daftar antrian paspor

Langkah 4. Isi Data

Setelah berhasil login, selanjutnya masukkan data Anda seperti:
– Nomor Induk Kependudukan (NIK) alias nomor e-KTP
– Alamat email
– Nomor telepon
– Alamat rumah

daftar antrian paspor

Langkah 5. Tentukan Kantor Imigrasi

Sebagai pemegang e-KTP, Anda berhak memilih kantor imigrasi dimanapun di seluruh Nusantara dari Sabang sampai Merauke. Tapi supaya tak buang ongkos dan waktu sebaiknya pilih yang dekat dengan domisili. Saya memilih Mal Pelayanan Publik (MPP) Jakarta Selatan karena ternyata Kanim Bogor belum ada dalam daftar. Hiks. Tapi tak apa, saya juga ingin merasakan bagaimana layanan ganti paspor di MPP Jaksel yang kabarnya cepat dan nyaman tsb.

daftar antrian paspor

Catatan:

Mal Pelayanan Publik (MPP) Jakarta Selatan hanya melayani proses penggantian paspor, bukan pembuatan paspor baru. Syarat lainnya adalah data-data Anda tidak mengalami perubahan dengan paspor lama. Demikian supaya dicamkan baik-baik.

Langkah 6. Pilih Jadwal

Langkah 6.1. Masukkan tanggal
Jika masih ada slot kosong langsung ke langkah berikutnya. Jika tidak, ulangi.

Langkah 6.2. Masukkan waktu
Silakan pilih pagi atau siang. Jika berhasil maka akan muncul tulisan Kuota Tersedia. Jika tidak, ulangi.

Langkah 6.3. Masukkan jumlah pemohon
Tiap aplikan bisa mendaftarkan hingga 4 orang (CMIIW). Hal ini berguna jika Anda hendak mengganti paspor bersama keluarga misalnya, terutama orang tua atau kerabat yang mungkin belum familiar memakai aplikasi Android. Selanjutnya masukkan data-data pemohon yang dimaksud.

daftar antrian paspor

Langkah 7. Simpan QR Code Anda

Jika proses di atas berhasil, sistem akan mengeluarkan QR code yang wajib Anda tunjukkan kepada petugas imigrasi pada saat penggantian paspor. Supaya memudahkan, screenshoot saja QR code tsb dan taruh di folder yang mudah Anda temukan.

daftar antrian paspor

QR Code sudah di tangan, langkah selanjutnya tinggal mempersiapkan dokumen dan berangkat ke kantor imigrasi sesuai tanggal pilihan Anda. Proses selanjutnya sudah saya tulis di artikel berikut: Pengalaman Ganti Paspor di Mal Pelayanan Publik Jakarta.Β 

Selamat membaca! πŸ™‚

 

Disgiovery yours!Β 

 

UPDATE

whatsapp imigrasi
Cara mendaftar antrean paspor via aplikasi Whatsapp (klik untuk memperbesar gambar)
44 Responses
  1. HAdi

    Pak mau tnya donk.. kenapa selalu kuota penuh ya.. ad Cara tertentu Pak spya dapat nomor antri an ? Hadehh pusing benerr

    1. Coba baca Langkah 1 pada artikel di atas mas, di situ dijelaskan triknya, salah satunya adalah kuota antrean dibuka setiap hari Minggu pukul 5 sore, siapa cepat dia dapat.

      Semoga beruntung!

  2. martina

    sya udh daftar sampai mau verifikasi.. ada hitungan count down detik nya dan paling bawah ada menu ‘SELESAI’.. sya ga nunggu countdown sampai 00:00 lansung klik selesai. itu gimana ya?

  3. martina

    sya sdh sampai mau verifikasi email.. cuma ga nunggu sampai countdown detik habis, krn ada menu selesai di paling bawah.. akhirnya klik aja. sya tunggu2 email verifikasi ga masuk.. itu artinya gagal ato gimana. kalo gagal mesti bikin email baru atau gimana cara? thanks

    1. Mungkin bisa coba tunggu 1×24 jam, kalau tak ada email masuk di inbox, coba cek di folder spam.
      Kalau dalam kasus saya bahkan tak mendapat email verifikasi sama sekali, tapi saya sudah bisa login dengan email yang saya input sewaktu pendaftaran.

  4. Deny Suhendra Putra

    artikel yang bermanfaat. saya ingin tanya pak,apakah membuat paspor secara online harus antri?apabila saya membutuhkan paspor tsb dalam waktu dekat, berarti tidak bisa memprediksi apakah paspor tersebut sudah selesai apa belum?

    pertanyaan kedua terkait antrian di whatsapp,untuk wa misal saya ingin mengurus di kediri, apakah harus lewat proses aplikasi juga atau cukup mengirim wa ke nmr yang tertera diatas dan nanti langsung bisa mengurus ke kanim Kediri?terimakasih infonya

    1. Sekarang hampir semua kantor imigrasi mengharuskan Anda mengambil nomor antrean secara online. Prediksi waktu sekitar 7 hari kerja mulai dari wawancara hingga pengambilan paspor.

      Khusus Kanim Kediri bisa ambil antrean melalui aplikasi WhatsApp, dengan format seperti yang terlampir di atas. Nanti tinggal tunggu jawaban WhatsApp dari Kanim Kediri kapan Anda bisa datang sesuai jadwal antrean mereka yang masih kosong.

      Semoga berhasil! πŸ™‚

  5. shaffa

    solusinya gimana ya.. kalau misalnya daftar di antrian.imigrasi. tapi, pas udh daftar ada notif “akun anda telah digunakan”. padahal belum pernah daftar sama sekali. terus gimana??

  6. Yulia

    Terimakasih infonya berguna sekali. Setelah beberapa kali kehabisan kuota, berkat info ini saya jadi dapat kuota untuk mengganti paspor biasa saya ke e-paspor.

  7. Joe

    Pak, apps ini khusus untuk permohonan pasport manual atau untuk yang sudah proses via online juga harus pake antrian semacam ini ya? karena biasanya kalau yg online di imigrasi nya sudah ada antrian khusus. terima kasih

    1. Setahu saya semua pengajuan paspor baik baru ataupun penggantian sudah harus ambil nomor antrean pakai aplikasi. Jadi yang dimaksud dengan ‘online’ adalah mengambil nomor antrean tanpa harus datang ke kanim.

  8. Meiwulsu

    Yang jual antRiAn paspor juga udah banyak di marketplace om pesen lewat mesessger apps foto ktp kk di kirim terus di pesenin dimana kapan sama apa aja yg mesti diibawa serasa punya asistent gt tapi relatif mahal 200k-500k buat bantu dapetin no antrian lumayanlah kalo udah males keabisan kuota mulu.

    1. Wah saya baru tahu info ini, thanks for sharing!

      Tapi bagi saya pribadi ini terlalu berisiko karena harus mengirim foto KTP & KK ke pihak ketiga. Andai orang banyak mengetahui trik untuk mendapatkan kuota seperti yang dijelaskan dalam artikel ini, niscaya mereka tak perlu keluar biaya ekstra untuk jasa joki antrian ini.

  9. Eka widiasih

    Saya sedang pengajuan nomor antrian untuk 2 orang, sudah memasukan identitas. Tapi belum dapet balasan email, biasanya berapa lama ya? Tp sy pakenya website. Bukan app d androis

  10. Kiki

    Hi Kak,
    Bisa nanya ga, maksudnya pergantian itu perpanjangan yah? jadi misal pasporku expire 2019 maret, trus ku mau perpanjang sebelum expire. Tapi domisiliku luar jawa. Itu masih bisa di Mal tersebut ga?
    Thank you

  11. Merry

    Hi..
    Sya mau tanya dong.. Sy sdh daftar di aplikasi..tapi kenapa waktu mau login lagi gak bisa ya? Padahal username dan password sdh bener.

    1. Wah kalau masalah teknis di aplikasi saya kurang paham, kak. Coba tunggu dulu 1×24 jam, lalu coba login lagi, misal masih gagal coba bikin akun baru lainnya, atau coba hubungi bagian support/help desk dari aplikasi tsb. Semoga membantu ya kak…

  12. Novii

    Mas mau tanya kemarin saya sudah buat passpor di kantor imigrasi kelas1 serang dan sudah melakukan pembayaran juga via transfr,kalau mau cek paspor sudah jadi atau blum bagaimna ya mas?? Soalnya kalau lngsung datang kesana dan paspor blum jadi kan repot secara saya tinggal di bekasi.. Trims

    1. Biasanya tiap kanim punya nomor WhatsApp getaway untuk cek apakah paspor kita sudah selesai atau belum. Misalkan tidak ada, lebih baik tunggu sampai 1 minggu setelah proses pembayaran, baru bisa datang ke kanim ybs untuk mengambil paspor (normalnya paspor biasa selesai dalam 3 hari kerja, dan e-paspor 5 hari kerja). Demikian tips dari saya πŸ™‚

  13. Iqbal

    Mas mau tanya apakah ada perbedaan waktu ya kalau kita ambil antrian secara langsung ke kantor imigrasi atau via online? Kan di langkah 1 disebutkan bahwa antrian online dibuka tiap minggu jam 5 sore, di luar itu kuota habis. Kalau langsung datang bagaimana ya?

Leave a Reply